Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Mempercepat Penyembuhan Pasca Operasi Caesar

Konten [Tampil]
https://www.susistory.com/2022/11/penyembuhan-pasca-operasi-caesar.html

Mendengar istilah operasi caesar memang ngeri – ngeri sedep ya, Bun. Memang sih mau melahirkan normal maupun caesar semuanya ada kelebihan dan kekurangan masing – masing. Setelah mengalami kedua proses melahirkan tersebut saya memang harus mengakui kalau operasi caesar itu agak lambat dari segi penyembuhan. Eitsss, tapi jangan takut ya karena dunia kedokteran sudah modern sekarang. Saya akan coba share beberapa tips untuk mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar versi saya.

 5 Tips Mempercepat Penyembuhan Pasca Operasi Caesar

1. Konsumsi Obat – Obatan Yang Diresepkan Oleh Dokter

https://www.susistory.com/2022/11/penyembuhan-pasca-operasi-caesar.html

Sering mendengar nggak sih kalau pasca operasi caesar biasanya banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi obat – obatan herbal? Sebagai orang yang baru pertama kali menjalani operasi caesar, saya lebih percaya untuk mengonsumsi obat – obatan yang sudah diresepkan oleh dokter. Hal tersebut sejalan pula dengan yang disarankan oleh bidan yang merawat saya setelah pulang dari rumah sakit. Maka, saya benar – benar tidak tertarik dengan informasi apapun terkait obat yang bisa mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar. Semuanya kembali kepada pilihan masing – masing sih, ya.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

https://www.susistory.com/2022/11/penyembuhan-pasca-operasi-caesar.html

Dulu, sering mendengar kalau orang yang sudah melahirkan harus menjaga betul makanan yang masuk ke perutnya. Kebanyakan sih nggak boleh makan yang “ amis – amis “ seperti daging dan ikan – ikanan. Padahal, makanan tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu pasca melahirkan apalagi yang melahirkan secara caesar. Pasca operasi caesar, perawat di rumah sakit tempat saya melahirkan pun menyarankan saya untuk mengonsumsi telur sebanyak – banyaknya. Namun, sebaiknya putih telurnya saja ya biar nggak kolesterol ceunah. Hoho… Kalau mau makan dengan kuningnya sih oke – oke saja kalau cuma 1-2 biji. Btw, mengonsumsi makanan bergizi juga nggak cuma mempercepat penyembuhan pasca operasi lho tapi bisa melancarkan produksi ASI!

3. Lakukan Aktifitas Fisik Ringan

https://www.susistory.com/2022/11/penyembuhan-pasca-operasi-caesar.html

Pasca operasi caesar takut gerak? Wajar banget, kok! Bahkan, beberapa jam pasca operasi memang tidak dibolehkan untuk gerak dulu ( Btw, saya nggak pakai metoder ERACS ya ). Namun, belajar untuk gerak itu wajib banget untuk mempecepat penyembuhan pasca operasi caesar! Katanya, kalau nggak belajar gerak malah akan membuat proses penyembuhan jadi lebih lambat. Tips dari saya, coba gerakkan badan perlahan mulai dari miring kanan miring kiri, belajar duduk, belajar turun dari kasur dan seterusnya. Alhamdulillah saya beres operasi Jumat jam 10 pagi dan jam 4 sore sudah bisa miring kanan kiri juga duduk. Sabtu sore bahkan saya sudah minta lepas kateter karena nggak nyaman dan bisa ke kamar mandi sendiri.

Sesampainya dirumah saya pun langsung beraktifitas seperti biasa dan benar – benar no drama deh, hampir kayak lahiran normal saja masyaallah. Hanya saja ada sedikit perbedaan ketika bangun tidur, area sekitar luka operasi memang agak kaku. Mungkin karena setelah tidur lama semalaman jadi nggak banyak gerak ya? 

4. Lakukan Check Up Sesuai Anjuran Dokter

https://www.susistory.com/2022/11/penyembuhan-pasca-operasi-caesar.html

Setelah pulang dari rumah sakit, saya dianjurkan untuk check up ke rumah sakit pada h+7. Kalau ditanya wajib nggak sih check up ke rumah sakit? Kalau mau make sure luka bekas operasi kering atau tidak, harusnya sih check up ya. Mungkin bisa saja kita melakukan check up di fasilitas kesehatan yang paling dekat dengan rumah, tetapi jika kita melakukan check up pertama di rumah sakit tempat kita melahirkan setidaknya ( amit – amit ) jika terjadi apa – apa bisa langsung ditangani oleh dokter yang bersangkutan.

Saat check up pertama, alhamdulillah luka operasi saya sudah oke dan dokter mengganti perban saya serta meresepkan obat kembali. Setelah satu minggu, saya boleh lepas perban anti air di fasilitas kesehatan manapun. Kebetulan, saya melepas perban dibantu oleh bidan desa.

5. Berfikiran Positif

https://www.susistory.com/2022/11/penyembuhan-pasca-operasi-caesar.html

Terlepas dari adanya campur tangan Allah, saya selalu yakin kalau apa yang ada difikiran kita sangat berpengaruh dengan apa yang akan terjadi. Maka, saya selalu berusaha berfikiran positif termasuk dalam hal penyembuhan pasca operasi caesar. Dulu, saat mendengar cerita orang yang melahirkan secara caesar tuh rasanya horor banget! Namun setelah menjalani sendiri rasanya lebih ringan dari pemikiran saya sebelumnya. LOL. Saya nggak bilang kalau operasi caesar itu nggak sakit sama sekali ya. Rasa sakit dan nggak nyaman itu tentu saja ada, tetapi alhamdulillahnya saya nggak mengalami banyak drama sejak sebelum hingga pasca operasi caesar. Kuncinya adalah pasrah dan selalu berfikiran positif. Ya, sejak dokter memutuskan saya gagal induksi dan harus segera menjalani operasi caesar saya hanya bisa pasrah dan berdoa kalau apa yang akan saya jalani adalah yang terbaik. Selain itu, saya selalu meyakini bahwa saya akan sembuh lebih cepat apalagi saya punya anak pertama yang juga harus saya urus segala sesuatunya.


Kesimpulan

Itulah beberapa tips mempercepat proses penyembuhan pasca operasi caesar versi saya. Tips ini cocok di saya tapi belum tentu cocok di orang lain karena mungkin beda dokter pun akan beda sarannya. Namun, jika apa yang saya share ini bisa menambah informasi untuk teman – teman yang sedang mencari tips mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar, alhamdulillah  Semoga bermanfaat ya!





Post a Comment for " 5 Tips Mempercepat Penyembuhan Pasca Operasi Caesar"