Anak Susah Makan Nasi? Coba Resep Creamy Spagheti!

 

ANAK SUSAH MAKAN NASI? COBA RESEP CREAMY SPAGHETI

Intensitas saya share aktifitas melalui Instagram atau facebook memang tidak seintens saya share di status whatsapp. Saya merasa lebih butuh privacy aja semenjak punya anak. Masih suka kok posting di instagram atau facebook tapi saya lebih pilih pilih. Kalau untuk whatsapp saya merasa lebih bebas karena kontak yang saya save pun terbatas.

Karena sekarang saya full dirumah as ibu rumah tangga bahagia, aktifitas yang saya share kebanyakan adalah aktifitas bersama anak. Ketika saya share video atau foto anak saya yang sedang makan, banyak sekali yang berkomentar dengan memberikan pujian karena anak saya suka sayur, makannya lahap dan nggak pilih – pilih.

Alhamdulillah, anak saya memang tergolong lahap. Sayur suka, protein suka, ngemil pun hayuk. Tapi, bukan berarti saya tidak mengalami fase ketika anak susah makan atau bahasa kerennya GTM ( Gerakan Tutup Mulut ). Sebagai USA alias Urang Sunda Asli, masalah terberat susah makan anak adalah ketika anak susah makan nasi. Yay, saya yakin ibu ibu diluar sana pun merasa ketika anak susah makan nasi, akan jadi beban fikiran. Maklum lah, disini mah kalau belum makan nasi ya belum makan namanya.

Padahal ketika anak susah makan nasi, ya nggak apa – apa deh makan apa aja yang penting sumber karbohidrat  terpenuhi. Ingat, karbohidratnya ya bukan nasi nya! Wkwkwk… Ya daripada dipaksa makan nasi malah berujung nggak mau makan semua menu, kan lebih repot.

Harus Bagaimana Ketika Anak Susah Makan Nasi?

Jika fase anak susah makan nasi terjadi berkepanjangan, jujur kalau saya sih agak repot karena ya saya makan sumber karbohidrat memang dari nasi. Saya juga nggak punya pengalaman menghadapi anak susah makan nasi berkepanjangan. Karena diluar sana saya sering lho dengar anak yang susah makan nasi sejak kecil dan berlanjut sampai dewasa. Tapi jika anak sesekali menolak makan nasi, boleh disimak tips menghadapi anak yang susah makan nasi dibawah ini.

a. Jangan dipaksa

      Yup, semakin dipaksa anak akan semakin trauma. Kita sebagai orang dewasa, suka nggak kalau dipaksa – paksa? Saya yakin nggak!

b. Sounding

    Yes, sepele tapi efektif. Saya selalu sounding apapun ke anak termasuk ketika anak susah makan nasi. Saya coba jelaskan bahwa boleh lah sekarang nggak makan nasi, misal dia cuma makan lauknya saja. Tapi, besok lusa harus tetap makan nasi biar tercukupi gizinya dan sehat.

c. Cari Sumber Karbohidrat Lain

    Yuhuuu.. Sumber karbohidrat itu banyak sekali, yuk buka kembali pelajaran biologi pas sekolah. Hihihi.. Sumber karbohidrat yang paling sering saya gunakan ketika anak susah makan memang pasta diantaranya spagheti, mie dan makaroni.

d. Kreasikan Menu Makanan

    Berkreasi dengan menu makanan di era digital, nggak susah kok. Resep – resep masakan yang enak dan kekinian bisa didapat dalam satu sentuhan jari di smartphone. Tinggal kita sebagai ibu saja yang harus punya niat untuk berkreasi. Jangan sampai ketika anak susah makan nasi, eh kita pasrah aja.

Resep Creamy Spagheti

Anak susah makan nasi, coba resep creamy spagheti


Jadi, saya menemukan resep creamy spagheti ini ketika anak saya susah makan nasi di usia 15 bulanan kalau nggak salah. Mungkin lho ya, mungkin anak saya susah makan nasi karena sudah bosan setiap hari makan nasi. Hahahaha… Resep ini saya temukan iseng – iseng, berkreasi dari bahan – bahan yang ada. Yuk disimak resep creamy spagheti dibawah ini:

1. Bahan bahan

Anak susah makan nasi, coba resep creamy spagheti


a. Spagheti

b. Kornet

c. Brokoli

d. Keju

e. Bawang putih

f.      Minyak

g.      Garam dan Merica

2. Cara membuat

a. Rebus spagheti dan beri sedikit minyak goreng supaya tidak lengket. Rebus spagheti sampai  mengembang dan lunak, tapi kembali ke selera juga suka tekstur yang sperti apa.

b. Rebus brokoli dan cincang halus atau boleh dipotong sesuai selera dan kemampuan mengunyah anak.

c. Tumis bawang putih yang sudah dicincang sampai wangi.

d. Masukkan kornet lalu aduk – aduk sebentar.

e. Masukkan spagheti dan brokoli yang sudah direbus

f. Beri garam dan merica, secukupnya saja ya karena nanti akan diberi keju juga supaya tidak terlalu asin.

g. Aduk – aduk hingga merata

h. Terakhir masukkan parutan keju dan aduk hingga merata

i. Creamy spaghetti. menu andalanku ketika anak susah makan nasi, siap disajikan.

Menu creamy spagheti ini sebaiknya disajikan dalam keadaan hangat ya, seperti tahu bulat yang digoreng dadakan. Tapi, saya yakin nggak semua ibu bisa masak dadakan, karena saya pun begitu. Sudah pusing karena anak susah makan nasi, searching – searching menu, belum lagi uji coba resep. Eaaaa… Berat sekali memang beban hidup kita ibu – ibu. Hahaha…

Solusinya yaitu saya sudah siapkan bahan – bahan dipagi hari, pagi biasanya memang saya masak untuk sarapan sekalian makan siang. Di pagi hari saya sudah rebus spagheti dan brokoli. Jadi ketika akan makan di siang hari saya tinggal oseng – oseng saja. Nggak makan banyak waktu rebus spagheti. Untuk mendapatkan tekstur yang disukai anak saya, memang butuh waktu. Terkecuali, jika kita sudah masak menu nasi lengkap tapi anak menolak makan nasi. Terpaksa deh harus dadakan bikin spagheti. That’s why saya selalu masukkan spagheti ke dalam list belanja bulanan. Untuk merk spaghetinya saya selalu pakai merk La Fonte, belum pernah nyoba merk lain karena memang merk itu yang paling mudah dicari disini. By the way, saya juga pernah share resep mie untuk balita. Ini juga andalan banget lho ketika anak susah makan nasi.

Ibu – ibu, punya resep andalan lain ketika anak susah makan nasi? Share dong!


26 comments

  1. Bener mba. Anakku yg pertama juga susah banget disuruh makan nasi. Tp dia doyan banget roti. Makanya aku ga keberatan dia ga makan nasi, asal ttp lahap makan roti, yg biasanya diksh telur dan sayur dalamnya.

    Untungnya aku bukan penganut ga makan kalo belum nasi :D. aku sendiri biasa aja Ama nasi. Kdg pun LBH milih roti ato kentang. Ga harus nasi yg kandungan glukosanya tinggi

    ReplyDelete
  2. Betul mbak.. Selama anak masih mau makan, gak usah dipaksa. Tapi disni emang gitu sih, belum makan nasi ya ngemil aja itu mah wkwkkwk

    ReplyDelete
  3. Yummyyyy
    Ga usah anak2 mba
    Orang tua aja kadang bosen juga makan nasi :D
    AKu juga kerap siasati dgn bikin spagheti/mie/roti

    ReplyDelete
  4. betul makan karbohidrat itu gak harus nasi masih banyak sumber karbohidrat lainnya. Spaggethi palinb sering aku kasih juga nih di rumah pasti anak-anak suka

    ReplyDelete
  5. Kalau anak gau mau makan nasi, memang ya kudu dicarikan alternatif karbohidrat biar tetap makan. Itu resep spaghettinya boleh jugaaa

    ReplyDelete
  6. Wahh ide bagus ni...
    Jadi solusi saat anak menolak makan nasi ya mbak..
    Thx for sharing ya

    ReplyDelete
  7. Kalau dulu aku ngakalin bikin bola2 nasi yang aku campur dengan daging giling terus luarnya aku kasih rogut. Dia doyang banget padahal itu nasi, dia gak sadar hahahahaa... Kalau spaghetti creamy mah doyan banget dia.

    ReplyDelete
  8. biasanya kalau anak ga mau makan nasi, pasta dan roti jadi solusi...tapi lama-lama kepikir untuk modifikasi bentuk-bentuk nasi juga..alhamdulillah sekarang mau nasi, pasta juga,

    ReplyDelete
  9. Anak-anakku so far nggak susah makan, mak. Tapi biasanya saya suka variasikan dengan berbagai menu. Kayak telur dadar gitu saya pakai santan dan suwiran ikan, di lain hari ditambahin sayuran.
    Jadi pengin coba resep spaghetti ini, mudah ya bikinnya.

    ReplyDelete
  10. Anak saya banget nih. Bosanan kalau makan nasi. Ealah pas makan mie atau spagheti, lancar jaya dan semangat banget makannya :)

    ReplyDelete
  11. Iya sih kalo anak gak mau makan nasi bisa dicari ganti alternatif karbo lainnya. Anakku dulu suka roti, mie, jajanan tradisional seperti nagasari, kentang, pisang, jadi ya ini aku kasih bergantian.

    ReplyDelete
  12. wah kalo spageti kayaknya anak2 emang pasti doyan yak...hehe...Bisa banget nih jadi pengganti nasi kalo pas anak lagi ogah makan nasi

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah anak-anak saya nggak ada yang susah makan nasi. Kalau pas kehabisan nasi, biasanya anak-anak makan roti tawar

    ReplyDelete
  14. Anak bungsu saya juga nggak terlalu suka makan nasi tapi doyan banget sama pasta. Creamy spaghetti seperti di resepnya Mbak Susi itu salah satu menu favoritnya dia juga.

    ReplyDelete
  15. Aku dulu pas anak GTM aku beliin kue di pasar, terus beliin nasi bungkus, mau. Ternyata anaknya bosan ahahaha. Wah, boleh juga ini resep spaghettinya

    ReplyDelete
  16. creamy spaghetti emang pilihan tepat buat anak-anak yang susah makan ya.. rasanya yang creamy, milky dan buttery bikin anak-anak suka

    ReplyDelete
  17. Saya di rumah bikin spageti kalau bosan makan nasi hehehe. Kalau saya maunya lebih praktis lagi, Mbak. Beli spageti plus saosnya La Fonte. Bikinnya tinggal dicampurin aja :))

    ReplyDelete
  18. Iya mbak, saya juga gitu, kalau anak saya udah males makan, saya buat makanan lain selain yang dimakan setiap hari. alhamdulillah jadi semnagat makannya

    ReplyDelete
  19. Jaman anakku baru mulai MPASI dan menunjukkan tanda-tanda GTM saya pun menemukan solusi dengan membuat spageti creamy kaya gini Mba. Untung anaknya doyan hehe.

    ReplyDelete
  20. Anakku sekarang mulai bosen makan nasi tuh. Akhirnya diganti ama kentang dan singkong dulu deh buat sementara waktu. Abis ini bikin resep olahan singkong dan kentang juga dong mbak.

    ReplyDelete
  21. Nyaamm anakku suka dibikinin spageti yang creamy gini juga mbak. Dr kecil emang gak terlalu kami biasakan harus makan nasi, apa aja yang penting kalau gk makan nasi ada karbonya salah satunya pasta kem gini hehe

    ReplyDelete
  22. wah resepnya enak nih kayanyaaaa.. bahannya mudah didapet, cara buatnya juga gampang yaaa.. mau cobain buat juga ah nantiiii.. makasi sharingnya maaaak

    ReplyDelete
  23. Memilih peralatan makan yang lucu juga termasuk yaa, kak Susi..
    Iih...aku gemasssh sekali sama peralatan Mickey Mousenya.
    Dan spagheti yang nikmat, ide kreatif Mama ketika anak gak mau makan nasi.

    ReplyDelete
  24. Pasti suka nih kalau disajikan creamy spaghetti. Anak-anakku ya suka banget dengan spagheti. Bisa habis banyak loh mereka kalau makan spagheti, padahal kadang kala ya hanya dibumbu pake saos tomat biasa aja itu.

    ReplyDelete
  25. awal-awal aku pusing juga lho waktu anakku ga mau makan nasi. Dia doyan roti dan kentang tapi nasi ... NO!
    .
    eh setelah ku pikir kenapa bingung, lha kan sumber karbo ga cuma nasi. Dari situ aku lebih santai. Anakku suka spaghetti juga.

    Eh cobain buat mac and cheese deh mbak. Miriplah sama spaghetti. Simple dan bergizi.

    ReplyDelete
  26. Emang ya tidak wajib makan nasi kalau mau makan yang lain pasti kita buatkan dengan kreasi baru

    ReplyDelete