Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hindari Kerumunan, Gunakan Fitur Chat Dokter SehatQ Untuk Mengatasi Berbagai Keluhan Kesehatan Selama Pandemi

Konten [Tampil]



Ingat pesan ibu, jaga jarakmu

Hindari kerumunan, jaga keluargamu

Lagu yang dipopulerkan oleh padi tersebut memang masih relate dengan kondisi saat ini. Ya, siapa yang sangka kalau Indonesia akan mengalami pandemi hingga beberapa babak dan entah kapan akan berakhir. Saya pun nyatanya harus mengikuti anjuran pemerintah untuk menghindari kerumunan yang diperkuat oleh lagu tersebut. Apalagi, Jawa Barat termasuk dalam Top Five kasus covid per tanggal 17 Maret 2022. Jadi, kurangi dulu deh bepergian kalau tidak urgent termasuk pergi ke fasilitas kesehatan. Lalu, kalau punya keluhan kesehatan gimana? Apakah cukup tanya ke Mbah Google?

Review Aplikasi SehatQ

Bestie, pernah mendengar tentang aplikasi SehatQ? Awal saya mengenal SehatQ yaitu ketika sering menelusuri mesin pencari menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan kesehatan. Biasanya, artikel – artikel yang berasal dari web site SehatQ yang bermunculan. Saya fikir, SehatQ hanyalah website yang berisi artikel – artikel kesehatan. Ternyata, SehatQ merupakan aplikasi kesehatan yang sudah berdiri sejak tahun 2018.Untuk bisa mengakses SehatQ, bisa mengunjungi alamat www.sehatq.com di browser atau mengunduh aplikasi melalui playstore. SehatQ memiliki beberapa fitur yang bisa kita gunakan terutama saat pandemi diantaranya konsultasi online dengan dokter dan pembelian obat di toko sehatQ. Anyway, SehatQ sudah memiliki sertifikasi PSEF atau Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi dari Kementrian Kesehatan. Sertifikasi ini merupakan tanda bahwa SehatQ sudah menjalankan pelayanan berbasis internet sesuai dengan peraturan pemerintah.

Pengalaman Menggunakan Fitur Chat Dokter SehatQ


By the way, sudah seminggu ini saya sembelit hampir setiap hari. Eh, saya nggak tahu ini apa namanya ya. LOL. Intinya, setiap hari saya selalu merasakan ingin buang kotoran tapi maaf kotorannya keras sekali. Oh ya, berbicara mengenai sembelit, simplenya sih tinggal beli obat pencahar. Itu versi simple saya ya, yang penting bagaimana caranya saya bisa mengeluarkan kotoran tanpa banyak drama. Namun, yang menjadi pertanyaan saya adalah kenapa saya bisa sembelit? Padahal sebagai busui saya selalu menerapkan pola makan seimbang. Duh, galau deh mau pergi ke dokter takut ketemu banyak orang. Kalau nggak ke dokter, mana saya tahu jawaban atas keluhan saya. Kemudian saya jadi teringat dengan aplikasi SehatQ. 

Saya langsung memilih fitur Chat Dokter untuk berkonsultasi secara online. Sebenarnya, saya juga bisa memilih berkonsultasi melalui video call tetapi saya agak riweuh dengan anak – anak saya. Kalau via chat kan bisa sambil rebahan atau mengASIhi si kecil. Fitur chat dokter ini harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp.5000 saja kita sudah berkonsultasi langsung secara online via live chat. Kita pun bisa memilih mau berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis. Oh ya, waktu itu sedang ada voucher untuk fitur Chat Dokter, jadi harga layanan tersebut GRATIS.

Alhamdulillah tanpa harus menunggu lama, saya bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Kebayang kan kalau ke tempat praktek dokter bisa antri berapa lama? Kebetulan, saya bisa berkonsultasi dengan dokter perempuan yaitu dr. Sarah Fajriah Assegaf. So, saya nggak canggung menceritakan keluhan saya terkait sembelit tersebut. Oh ya, konsultasi tersebut hanya diberi waktu 30 menit. Jadi, manfaatkan waktu untuk menggali informasi sebanyak mungkin.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, akhirnya saya mendapatkan titik terang atas keluhan yang saya alami. Untuk pola makan saya sudah oke, hanya tinggal ditambah makan buah pepaya dan jeruk. Selain itu, saya dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti yoga dan jalan kaki untuk membantu mempercepat pergerakkan usus.

Beuhh… saya jadi ingat ternyata akhir – akhir ini saya memang skip buah – buahan. Biasanya, saya selalu menyantap buah – buahan saat sarapan. Semenjak jadi ibu dua anak, sarapan saya random sekali, yang penting kenyang. Maklum, pagi – pagi saya memang disibukkan dengan mengurus satu bayi dan satu balita. Begitupun dengan olahraga, saya hampir nggak pernah olahraga. Hanya gerak untuk melakukan berbagai aktifitas rumah tangga saja.

Kekurangan Dan Kelebihan  Menggunakan Fitur Chat Dokter SehatQ

Kehadiran aplikasi kesehatan seperti sehatQ memang bagai angin segar kala pandemi seperti saat ini. Kita jadi nggak usah pergi ke dokter demi menghindari kontak apalagi dengan orang yang sakit. Namun, pada beberapa kondisi memang kita harus tetap pergi ke dokter untuk memeriksakan keluhan kesehatan yang dialami. Berkonsultasi secara online memiliki beberapa kelebihan diantaranya harga terjangkau, hemat waktu dan bisa menghindari kontak dengan orang lain. Kita bisa melakukan konsultasi dimanapun dan kapanpun selama terkoneksi dengan internet. 

Kekurangan dari berkonsultasi secara online menggunakan Fitur Chat Dokter SehatQ adalah tidak bisa mendiagnosa penyakit secara detail karena tidak bersinggungan langsung antara dokter dengan pasien. Pada beberapa kasus, saat pasien bisa mendeskripsikan kondisinya dengan tepat, maka dokter pun bisa memberikan jawaban yang tepat dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Namun, bila si pasien kurang detail mendeskripsikan kondisinya, bisa jadi dokter salah menangkap informasi. Lho, siapa tahu kan ya? Apalagi via chat, bisa saja ada istilah typo.

Maka, berkonsultasi dengan dokter secara online sebaiknya tidak dilakukan pada kondisi darurat misalnya ketika terjadi pendarahan. Saat kondisi darurat, sebaiknya segera hubungan fasilitas kesehatan terdekat ya!




Referensi

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220317162929-4-323691/jabar-teratas-inilah-5-provinsi-dengan-kasus-covid-terbanyak


Post a Comment for "Hindari Kerumunan, Gunakan Fitur Chat Dokter SehatQ Untuk Mengatasi Berbagai Keluhan Kesehatan Selama Pandemi"