Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 REFERENSI DALAM MENENTUKAN NAMA ANAK UNIK. NOMOR 2 PALING POPULER, LHO!

NAMA ANAK UNIK

NAMA ADALAH DOA

Ungkapan tersebut kiranya tak hanya mewakili saya, tapi para orangtua lainnya. Ya, pada nama anak terselip doa - doa dari orangtua. Maka dari itu, wajar jika setiap orangtua selalu berusaha menyiapkan nama terbaik untuk anaknya, bahkan tak jarang nama tersebut sudah disiapkan sejak anak masih dalam kandungan. Nama yang disiapkan tentunya ingin yang bagus, sarat makna dan unik karena nama pun sering dijadikan identitas atau ciri khas. 
"Tiap suku bangsa mempunyai tradisi sendiri sendiri soal pemberian nama."

Pemberian nama anak unik memang sangat erat kaitannya dengan tradisi di Indonesia. Seperti diungkap oleh Dr.Sunu Wasono, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia bahwa tradisi pemberian nama anak memang ada sudah sejak dulu dan setiap daerah punya ciri khas masing – masing. 

"Di daerah Sunda kalau kita perhatikan, banyak nama puitis. Ada suku kata yang diulang sehingga puitis." 

Wah... berarti orangtua saya memberikan saya nama "Susi Susilawati" memang sudah sesuai dengan tradisi pemberian nama orang sunda , ya? Heuheuheu... Lain lagi dengan suku Batak Karo yang memberi nama anaknya sesuai dengan benda yang dilihat saat anak tersebut lahir. Indonesia memang beragam suku, budaya, bahasa, adat, termasuk dalam pemilihan nama anak.

Referensi Dalam Memilih Nama Anak

Anak adalah rezeki, anak adalah karunia. Jika diberi rezeki maka sudah sepantasnya bersyukur. Salah satu bentuk syukur sebagai orangtua adalah dengan memberikan nama anak yang baik, bukan sekedar unik agar kelak bisa menjadi doa yang baik pula.

Sebagai calon orangtua baru tentu saja kami sangat antusias ketika dulu mengetahui hasil testpack menunjukkan garis dua, apalagi kami diberi rezeki hamil hanya selang sebulan setelah menikah. Kami sangat bahagia, terlebih suami. Urusan nama anak pun sudah beliau siapkan jauh - jauh hari sebelum saya melahirkan. Namun pada waktu itu suami saya masih merahasiakannya, yang pasti beliau sudah menyiapkan 2 opsi nama anak unik untuk anak laki - laki dan anak perempuan.

By the way, berdasarkan pengamatan saya dalam memilih nama anak biasanya terdapat beberapa referensi bagi orangtua diantaranya :

1. Bertanya Ke “Seseorang”

Di daerah saya yang masih tergolong kampung dan masih kental dengan adat istiadat, ketika anak lahir maka orangtua akan menanyakan nama untuk anaknya ke “seseorang”. Seseorang tersebut bisa siapa saja yang dianggap tokoh/panutan. Kalau ditempat saya dan kebetulan saya adalah muslim, biasanya kyai adalah tempat kami untuk menanyakan nama anak. Kyai tersebut akan memberikan beberapa opsi nama anak yang bisa dipilih oleh orangtua. Saya kurang tahu apakah di daerah lain juga ada kebiasaan seperti ini, namun di daerah saya masih terjaga hingga sekarang.

Bagi calon orangtua yang sedang menanti buah hati namun belum punya nama yang pas untuk anaknya, tidak ada salahnya pergi ke kyai untuk meminta saran nama anak yang baik karena dalam islam pun memberi nama anak memang ada aturannya, lho. Seperti dilansir dari theAsianParent, bahwa kita harus memberi nama anak yang baik dan disukai Allah serta menghindari nama – nama yang mempunyai makna negatif diantaranya :
  • Balqis artinya ketua jin
  • Qistina artinya penghulu jin
  • Harb artinya perang
  • Zaqwan/Zaquan artinya anak jin
  • Murrah artinya pahit
  • Zana artinya berzina
NAMA ANAK UNIK

“ Sesungguhnya kamu sekalian akan diseru/dipanggil pada hari kiamat dengan nama – nama kamu dan nama – nama bapak kamu. Oleh demikian, elokkanlah nama – nama kamu.“ (H.R Imam Abu Daud dari Abu Dardak ra).

Selain itu, waktu pemberian nama pun perlu diperhatikan karena ada beberapa waktu sunnah dalam memberi nama anak yaitu saat kelahiran, sampai hari ketiga dan ketujuh dan di hari ketujuh kelahiran. Oh ya, entah mitos atau fakta, ketika anak sering sakit – sakitan dan sudah melakukan berbagai pengobatan medis tapi belum kunjung sembuh atau anak sering nakal yang mengakibatkan berbagai masalah dalam pengasuhan, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena namanya yang terlalu "berat" atau kurang sesuai hitung – hitungannya. Saya juga kurang paham metode hitung – hitungan dalam menentukan nama anak ini. Kalau kalian percaya dengan mitos ini, nggak?

2. Mencari Nama Anak Unik Dari Internet

Di zaman yang serba mesin pencari ini, tak jarang para orangtua mencari referensi nama anak unik dari internet. 
"Para ibu apalagi milennials moms itu punya banyak pertanyaan terutama pada kehamilan pertama. Mereka suka sekali nanya sama Google. Siapa ya nama anak saya? Ide - ide nama bayi Indonesia, ide nama bayi Arab atau nama bayi Jawa,"
Begitulah ungkap Ariani Dwijayanti, Industry Analyst Google Indonesia. Yaa… di zaman now ini, apa sih yang nggak ada di internet? Sejalan dengan hal tersebut, banyak juga situs yang menyediakan referensi nama anak unik salah satunya yaitu theAsianParent. theAsiantparent selain menyediakan artikel – artikel mengenai kehamilan, menyusui dan parenting juga banyak artikel mengenai nama anak. 

NAMA ANAK UNIK


Canggihnya lagi, ciyeee canggih! Di theAsianParent ada GENERATOR NAMA BAYI yang bisa membantu orangtua untuk menemukan nama anak yang bisa dikombinasikan dari berbagai nama misalnya perpaduan nama arab dengan nama bunga. Nah untuk bisa menggunakan generator nama anak, caranya sangat mudah yaitu download aplikasi theAsiantParent dari playstore. Login menggunakan akun facebook atau google kemudian pilih kotak di sudut kanan atas dan klik Nama Bayi. Taraaaa... Dalam hitungan detik langsung keluar referensi nama anak sesuai dengan perpaduan bahasa yang kita inginkan, jika belum menemukan yang cocok bisa klik GANTI NAMA
.
NAMA ANAK UNIK


Fitur GENERATOR NAMA BAYI ini sangat membantu para orangtua untuk menemukan nama terbaik bagi anaknya. Orangtua bisa bebas bereksplorasi dengan padu padan nama anak dari berbagai bahasa. Selain itu, generator nama ini juga meminimalisir kesalahan penulisan nama anak terutama dalam bahasa asing. Maklum lah ya, sebagai USA alias Urang Sunda Asli kadang pendengaran saya ketika mendengar bahasa asing kurang sinkron dengan tulisan dan pengucapan. Hihihi... Insyaallah kalau Allah memberi rezeki anak lagi, GENERATOR NAMA BAYI dari theAsianParent bisa sangat membantu saya dan suami dalam menemukan nama anak yang bagus dan unik. 

3. Merangkai Nama Anak Unik Sendiri

Nah untuk poin yang ketiga ini, biasanya orangtua yang merangkai sendiri nama untuk anaknya. Rangkaian nama tersebut bisa didapat dari berbagai sumber. Bisa dari bertanya ke orang lain, bisa terinspirasi karena sesuatu atau bisa saja dari internet. Seperti nama anak kami, Anggun Keumalahayati Raudhatul Jannah yang dirangkai sendiri oleh suami saya.

Cerita Dibalik Nama Anak

Ketika anak kami lahir, keluarga pun mulai sibuk menanyakan apakah sudah punya nama untuk anak kami atau belum. Apalagi di daerah kami masih memegang adat “saweran”, dimana bayi akan dibawa keluar rumah dan kami melakukan saweran uang ke tetangga yang sudah menunggu diluar rumah ketika tali pusarnya sudah lepas. Kemudian para saudara dan tetangga akan diberi buah tangan berisi makanan ringan yang diselipkan nama anak kami dalam secarik kertas.

Ah, untung suami saya sudah punya nama untuk anak kami. Tanpa fikir panjang saya jawab sudah punya, karena suami memang sudah menyiapkannya jauh - jauh hari. Oh ya, nama anak yang sudah disiapkan oleh suami saya itu tetap kami bawa ke kyai untuk dilihat apakah bagus dan cocok atau tidak dengan anak kami. Alhamdulillah ternyata namanya cocok, bagus.

Akhirnya, officially bayi kami punya nama yaitu Anggun Keumalayati Raudhatul Jannah. Duh, panjang banget ya? Ternyata suami saya mendapatkan nama ini dari berbagai inspirasi dalam hidupnya, lho.

NAMA ANAK UNIK

Anggun

Anggun, kalimat pertama yang terucap dari suami saya ketika bertemu dengan saya. Mohon maaf jangan dibully, ya! Hahaha... Sampai sekarang saya juga tidak tahu kenapa dia bisa memberi predikat “anggun” pada istrinya yang berwajah jutek ini. Iseng - iseng dulu saya bilang, nanti kalau punya anak perempuan mau dikasih nama Anggun. Eh, ternyata benar kalau ucapan adalah doa. Bayi yang saya gembol dalam perut berbulan – bulan ini ternyata berjenis kelamin perempuan.

Keumalahayati

Keumalahayati, saya cukup asing mendengar nama ini. Menurut bidan yang membantu saya melahirkan, Keumalahayati itu nama universitas. Hahaha… Tapi ternyata nama Keumalahayati  itu terinspirasi dari sosok pahlawan perempuan Aceh, dimana beliau adalah seorang panglima perang yang tangguh. Harapannya , kelak agar anak saya bisa menjadi pemimpin setidaknya untuk dirinya sendiri. Selain itu, semoga anak kami bisa tangguh dan berani seperti ibu Keumalahayati. Meski tangguh di zaman dulu dan zaman sekarang akan berbeda cara serta maknanya.

Raudhatul Jannah

Nah, kalau penggalan nama ini pasti sudah familiar dong? Yup, raudhatul Jannah diambil dari bahasa arab yang artinya taman surga. Harapannya, semoga anak kami bisa bahagia layaknya hidup di taman surga juga membahagiakan siapapun yang berada di dekatnya. Taman surga disini juga bisa bermakna keindahan, kecantikkan, kebahagiaan. Semoga, anak kami bisa selalu bahagia dalam menjalani hidupnya.

Itulah makna nama anak kami jika dipecah per kata, tapi jika diartikan keseluruhan artinya adalah sosok perempuan tangguh yang cantik. 

Kesimpulan

Menentukan nama anak memang jadi moment menyenangkan bagi orangtua. Apapun referensi yang digunakan dalam menentukan nama anak, sebaiknya jangan lupa untuk berdoa agar anak kita selalu berada dalam kebaikan. Saya percaya jika nama adalah doa, tapi nama saja tidak cukup untuk membentuk kepribadian anak agar sebaik dan sesempurna namanya. Tetap, orangtua lah yang wajib mengarahkan dan mendidik anak agar menjadi pribadi yang baik. Semangat selalu untuk semua orangtua, tugas kita masih panjang dan berat dari sekedar memberikan nama yang baik dan unik.



Referensi :
https://id.theasianparent.com/tradisi-beri-nama-anak 
https://id.theasianparent.com/cara-memberi-nama-anak-menurut-islam
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180222150106-282-278039/nama-bayi-jadi-pencarian-ibu-paling-populer-di-google 

31 comments for "3 REFERENSI DALAM MENENTUKAN NAMA ANAK UNIK. NOMOR 2 PALING POPULER, LHO!"

  1. Pilih nama itu harus tepat dan pas karena nama adalah doa ya. Aku dan suami pilih rangkai nama sendiri buat anak mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan kayak saya mbak, eh saya malah nggak kebagian jatah pilih nama hahaha.. suami yang merangkainya sendiri.

      Delete
  2. Kalau di kampung saya nama anak biasanya sama orang tua atau keluaraga setelah itu ditanyakan ke paparaji gitu atau kiyai namanya apakah sudah sesuai tanggal lahir alias wetonnya. Pemberian nama anak itu memang tidak biaa sembarangan juga ya, Mba. Karena nama bisa menjadi doa.

    ReplyDelete
  3. Tambah satu lagi, lebih baik nyari nama yang gak pasaran. Serius deh kalau ketemu nama sama itu kadang gemes sendiri. Terus jangan yang pengerjaannya susah. Cape pas nulis kalau typo

    ReplyDelete
  4. Mencari nama anak terkadang sesuai dengan kesepakatan ya, dan betul banget yang terpentig adalah doa2 buat anak2 agar nama yang diberikan pun sesuai dengan arti nama tsb.

    ReplyDelete
  5. jadi inget pengalamanku memilihkan nama anak, last minute banget, karena heboh sama pilihan nama depan, tengah, dan belakang, akhirnya hanya menggunakan dua suku kata

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa simpel mbak, anak nggak cape nulis nama pas ujian :D

      Delete
  6. Setuju bahwa nama adalah do'a, dan buatku sendiri, nama merupakan "warisan" pertama yang diberikan Orangtua kepada Anaknya. Karenanya penting sekali untuk dirangkai sebaik mungkin, dengan makna yang baik tentunya. Jadi teringat proses pembuatan nama untuk kedua Putraku, yang pertama sudah kuniatkan dari sejak masih duduk di bangku SMA malah karena Penjelasan Guru Agama membuatku suka akan salah satu Surat dalam Al-Qur'an. Putra keduaku namanya kurangkai saat masih hamil, dan "ketok palunya" saat bukaan 8. Masya Allah dua momen yang indah, Insya Allah keduanya membawa kebaikan dunia dan Akhirat, Amiiiin.

    ReplyDelete
  7. wah sekarang makin go digital yak buat cari-cari referensi nama anak. Aku juga masih inproses nih, tp kayak udah kepikiran buat ngasih nama anaknya gimana dan referensinya dari mana hehe

    ReplyDelete
  8. Ngalamin sendiri berasa susaaah banget mencari nama yang cocok nih mbaak,
    Ya itu takutnya artinya mengandung makna yang kurang baik

    Raudhatul Jannah nama mesjid di komplek aku nih mbak hehe

    ReplyDelete
  9. Keren banget nama anaknya, artinya bagus dan insya Allah pada akad nikah nanti, mempelai pria nggak kesulitan mengucapkannya. Aamiin.

    ReplyDelete
  10. aah aku suka banget sm nama anggun mbaa... dan kebetulan ngefans banget sm anggun c sasmi. sayangnya dulu waktu pilih nama, suami mau nama yg lebih khas dan anti mainstream

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga saya nggak kebagian jatah mbak, suami merangkai sendiri ahhaha,.. mungkin kalau nanti punya anak lagi giliran sya yang pilih nama anak :D

      Delete
  11. Yes...cari nama anak emang gak sembarangan..karena nama adalah doa juga. Kasian anaknya kalo dikasi nama asal2an hehe..

    ReplyDelete
  12. Nama depan anak-anak saya semuanya didapat dari hasil menonton tv. Begitu ada nama yang bagus langsung tertarik untuk dicari artinya. Kemudian dipadankan dengan nama lain. Ya meskipun bagus, tentu arti juga penting karena nama adalah do'a

    ReplyDelete
  13. Wih keren ya, sekarang ada generator nama anak di Asian Parent. Makin mudah nyari nama anak.

    Tentang nama anak yg diubah, saya ngalamin, Mbak. Sama anak sulung. Usia 5 tahun anaknya kelewatan aktifnya dan ngeyelnya. Makin lama makin aneh. Ada yg usulin, namanya dibuang dua kata karena keberatan nama. Waktu itu kami lakukan. Begitu diikrarkan namanya yang sekarang, eh anaknya mendadak lebih kalem.

    Percaya atau tidak, ada hubungannya. 😅

    ReplyDelete
  14. Menentukan nama anak memang enggak boleh sembarangan. Setuju banget, nama adalan doa. Nama juga berisi harapan-harapan yang baik untuk dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  15. Bagus sekali nama anaknya Mbak...maknanya indah semoga jadi anak solehah seperti doa dan harapan orang tua yang tercermin dalam namanya. Aamiin
    Setuju jika apapun referensi yang digunakan dalam menentukan nama anak, sebaiknya jangan lupa untuk berdoa agar anak kita selalu berada dalam kebaikan. Kalau anak-anakku namanya dari bahasa Jawa, karena suamiku masih Njawani sekali ...tapi tetap arti kebaikannya kami jadikan dasarnya

    ReplyDelete
  16. waduh Balqis artinya ketua jin? lha itu nama saudaraku.
    kalau aku dan suami mikirin nama anak dari mulai ketahuan hamil langsung deh heboh, hihi ... kami biasa memilih nama dari berbagai negara. Harapannya supaya si anak keliling dunia.

    ReplyDelete
  17. Hahahaha
    Aku juga andalannya Nomor 2 dan kemudian cari apakah di Alquran ada

    ReplyDelete
  18. Namanya bagus banget dedek Anggun dan maknanya juga dalam banget, aku dan suami gantian cari nama untuk kedua anak kami hehe giliran...

    ReplyDelete
  19. Di daerahku juga masih banyak yang cari referensi nama bayi ke sesepuh, pak yai atau ustadz. Zaman sekarang makin dipermudah ya mbk, kita bisa cari nama anak lewat internet

    ReplyDelete
  20. Anak udah 2 dan nama anak aku selalu merangkai bersama suami. Dan Alhamdulillaah selalu kompak, nama yang aku suka pasti suami juga suka banget..tapi prosesnya uuuuh panjang.

    ReplyDelete
  21. Wah namanya bagus mbak. Sekarang nama anak-anak bagus semua. Dan kadang nyebutnya susah hahaha

    ReplyDelete
  22. wah sekarang bisa nyari nama anak di Asian Parents ya mbak
    makin mudah nyari nama
    dan pasti akan dapat referensi nama yg bagus

    ReplyDelete
  23. Bener banget mbak, nama adalah doa. Saya aja cari nama buat anak2 saya paling tidak harus punya arti yg bagus

    ReplyDelete
  24. Aku sendiri pakai semedi waktu itu hahah mikir lama banget banyak nama tapi yang sesuai di hati memang rada susah hihihi cuma emang nama adalah doa ya buat anak <3

    ReplyDelete

Berlangganan via Email