Tips Pergi Ke Alun - Alun Maja, Wisata Murah Meriah Dekat Rumah


Semenjak pandemi covid-19 saya jarang sekali membawa anak bepergian keluar rumah jika memang tidak urgent, meski semenjak pandemi covid-19 suami saya lebih sering dirumah karena WFH ( Work From Home ). Setelah new normal pun kami belum sepenuhnya be a normal, sih. Selain karena pandemi covid-19, tentu saja karena cuaca Majalengka yang kurang bersahabat. Tahu sendiri kan angin Majalengka? That’s why Majalengka dijuluki kota angin.

Tapi, meski belum sepenuhnya normal kami harus akui bahwa kami adalah manusia normal yang butuh piknik juga. Akhirnya pada Selasa sore tanggal 08 Juli 2020 kami sempatkan pergi ke alun - alun Maja untuk mengajak anak bermain sekalian refreshing. Sebenarnya sudah sejak lama saya melihat alun - alun Maja cukup ramai dikunjungi orang - orang terutama pada sore hari, tapi karena satu dan lain hal kami baru bisa pergi kesana pada waktu itu.

Menurut saya sebagai ibu – ibu, konsep wisata alun – alun Maja cukup menarik karena ada beberapa sewa mainan seperti mobil – mobilan, pasir – pasiran dan lain – lain. Untuk urusan perut pun jangan takut kelaparan karena ada beberapa stand yang berjualan makanan dan minuman dengan harga yang relatif terjangkau. Nah, untuk kalian yang berencana ingin pergi wisata ke alun – alun Maja, saya punya beberapa tips agar tetap nyaman dan menyenangkan meski pergi wisata ke tempat murah meriah.


1.    Perhatikan waktu kunjungan
Saya memang baru 2 kali pergi ke alun – alun Maja, tapi kalau sekedar lewat sih sering. Jika diamati, alun – alun Maja memang sering ramai dikunjungi orang setiap sore terutama pada weekend. So, waktu kunjungan juga perlu diperhatikan. Jika kamu tipe orang yang suka keramaian, bisa coba datang pada sore hari terutama weekend. Tapi, jika kamu tipe orang yang suka kedamaian atau ingin sekedar menikmati quality time bersama kesayangan sambil jajan cilok misalnya, bisa coba datang ke alun – alun Maja selain sore hari tapi hati – hati karena jika siang hari mataharinya cukup terik.

2.    Bawa air putih

Yes, meski disana banyak warung penjual makanan dan minuman tapi bawa air putih itu wajib. Saya pribadi menerapkan itu, ketika pergi kemana – mana pasti selalu bawa air putih. Selain untuk menghemat uang jajan ( alasan klasik emak – emak ), tentunya minum air putih itu jauh lebih sehat. Saya tidak melarang diri sendiri apalagi anggota keluarga saya untuk minum selain air putih, tapi tetap hanya sebagai recreational drink bukan untuk menghilangkan dahaga. So, meski hanya pergi ke alun – alun Maja yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah saya tetap bawa air putih dengan tumbler ukuran 1 liter. Apalagi saya punya anak kecil yang sedang aktif – aktifnya, tentu saja akan lebih cepat haus terutama jika sedang asyik bermain.

3.    Gunakan masker

Meski sudah new normal tapi protokol covid-19 harus tetap diperhatikan salah satunya yaitu menggunakan masker. Apalagi per 27 Juli 2020 Ridwan Kamil mewajibkan seluruh masyarakat Jawa Barat untuk menggunakan masker ketika pergi keluar rumah. Tapi anak saya ternyata tidak terlalu betah pakai masker pada saat itu, hehehe. Saya pun ketika di foto sedang membuka masker karena pada saat itu saya baru selesai minum air putih yang saya bawa di tumbler. Mohon maaf ya tidak untuk ditiru,  seharusnya selalu gunakan masker ketika diluar rumah termasuk ketika foto – foto supaya tidak dibully netizen, LOL. Eitsss just kidding, tentunya untuk mencegah penularan covid–19.

4.    Bawa handsanitizer
Jangan lupa untuk tetap menyelipkan handsanitizer di dompet atau di diaper bag karena saya belum menemukan bak cuci tangan umum di alun – alun Maja. Jadi untuk berjaga – jaga terutama jika kalian akan makan dan minum, gunakan handsanitizer terlebih dahulu. Maaf jika sebenarnya sudah ada bak cuci tangan umum tapi saya yang belum melihatnya.

5.    Bawa uang

Wah ini sih yang paling penting diantara semua tips, setuju? Kalau kalian lebih memilih bawa bekal makanan sih tidak masalah, tapi bawa persiapan uang untuk sekedar jajan – jajan sih wajib apalagi bagi yang punya anak kecil. Nah untuk kalian yang akan pergi ke alun – alun Maja, barangkali bisa menjadi referensi jajanan yaitu "Waroeng Basmallah". Menyediakan berbagai macam cemilan seperti Jalakotek, cimol, seblak  dan lain – lain. Selain untuk memanjakan perut, jangan lupa bawa uang untuk sewa mainan anak dan bayar parkir. Untuk sewa mainan mobil – mobilan dikenakan tarif Rp.10.000 dan untuk parkir kendaraan Rp.2000.

Itulah beberapa tips untuk kalian yang mau pergi ke alun – alun Maja. So, bagi kalian yang ingin pergi wisata tapi tidak punya banyak waktu atau budget terbatas bisa coba berwisata murah meriah ke alun – alun Maja terutama untuk yang berdomisili di sekitaran kecamatan Maja.



No comments