Cara Mengecek Nomor Handphone Sudah Registrasi Ulang Atau Belum


Postingan kali ini terinspirasi dari pengalaman sendiri yang beberapa kali mendapatkan sms peringatan dari operator untuk melakukan registrasi ulang nomor handphone karena batas registrasi ulang hanya sampai 28 Februari 2018. Ahh langsung saja saya ambil handphone indosat saya dan mengeceknya dengan mengakses *185*5# tapi hasilnya tidak sesuai. Ternyata nomor NIK dan KK yang terdaftar bukanlah NIK dan KK saya. Padahal saya sudah pernah melakukan registrasi ulang untuk nomor Indosat ini sebelumnya. Akhirnya saya coba untuk melakukan registrasi ulang disini kemudian kembali mengecek nomor tersebut apakah sudah teregistrasi dengan data yang valid disini hanya dengan 2 langkah mudah :

 

Langkah pertama yaitu dengan memasukkan NIK dan KK yang digunakan untuk registrasi kemudian klik PERIKSA dan hasilnya :


NIK dan KK saya ternyata sudah teregistrasi untuk nomor handphone indosat yang sedang saya gunakan. Itu artinya data yang saya input sudah sesuai. Beres urusan dengan nomor indosat, saya langsung mengecek data yang digunakan untuk registrasi nomor telkomsel. Untuk mengeceknya bisa langsung mengunjungi alamat ini kemudian masukkan nomor handphone, NIK dan password yang akan dikirim melalui nomor handphone. Hasil pengecekkan untuk nomor telkomsel saya terlihat pada gambar dibawah.


Yeayy registrasi untuk nomor telkomsel pun sudah sesuai. So, buat kamu yang sudah pernah melakukan registrasi ulang tidak ada salahnya untuk mengecek apakah data yang kita input sudah sesuai atau belum. Kok bisa tidak sesuai? mungkin saja waktu itu system sangat padat sehingga wajar saja ada kesalahan. Kalau sekarang sepertinya system sudah lancar karena ketika saya mencoba registrasi via web pun sekali langsung berhasil.
Oh ya mengenai pro kontra pentingnya registrasi ulang sesuai data pribadi ini, saya kembalikan kepada masing - masing ya. Ada sebagian yang setuju dan mendukung kebijakan ini karena begitu maraknya penipuan dan penyalahgunaan melalui nomor handphone. Tapi disatu sisi ada yang tidak setuju dengan kebijakan ini karena berbagai alasan.
Saya juga belum tahu pasti apa yang akan terjadi kalau kita tidak melakukan registrasi ulang sesuai data pribadi, tapi yang namanya jaga - jaga tidak ada salahnya kan? 

No comments