Privasi Dalam Rumah Tangga, Pentingkah?


Dalam suatu hubungan terutama hubungan pernikahan, keterbukaan memang sangatlah penting. Tapi, apakah keterbukaan tersebut memaksa satu sama lain untuk tidak memiliki privasi? Menurut saya pribadi, privasi itu sebaiknya ditiadakan.
Sejatinya dalam pernikahan itu sudah tidak ada yang ditutup – tutupi lagi. Namun, tetap harus ada rasa saling menghargai antara suami istri. Bukan berarti karena tidak ada batasan privasi maka semua jadi serba diatur, semua serba harus mengikuti keinginan salah satu pihak. Karena pada dasarnya setiap manusia punya naluri “ingin memiliki dunia sendiri”, meski porsinya yang berbeda – beda. Dalam hemat saya, antara suami dan istri penting sekali mengetahui password facebook, handphone dan yang paling penting pin ATM atau login ebanking.hihihi..Namun satu sama lain tidak berhak merubah sesuatu dalam akun tersebut seenaknya karena sekali lagi setiap manusia punya naluri “ingin memiliki dunia sendiri”.
Ada baiknya mengenai privasi ini dibicarakan sebelum pernikahan. Karena saya yakin kebutuhan dan keinginan setiap orang berbeda – beda. Mungkin ada orang yang begitu nyaman dengan terbuka sepenuhnya atau ada yang nyaman dengan batasan – batasan privasi tertentu. Namun satu hal yang perlu disadari, ketika menikah artinya kita sudah siap berbagi dengan partner hidup kita dalam segala hal

No comments