Baraya Majalengka, Yuk Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Keliling!



Orang biijak taat pajak, begitulah pepatahnya. Sebagai warga negara yang baik kita memang harus bayar pajak sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Tapi sering nih ya netizen berkomentar, "ah buat apa bayar pajak kan ujung - ujungnya duit kita dikorupsi". Yaelah biarlah menjadi urusan mereka yang korupsi, yang penting kita sebagai warga negara yang baik tidak lupa bayar pajak termasuk pajak kendaraan. Bicara soal pajak kendaraan, tidak sedikit orang yang mengeluh katanya bayar pajak itu mahal. Saya paham betul akan hal tersebut, apalagi bagi yang sudah berumah tangga. Tapi coba dihitung - hitung deh, andaikan kita membayar pajak motor misal anggap saja Rp.300.000/tahun, coba dibagi 12 bulan? hanya 25rb sebulan dan andai kita pegang uang 25rb akan habis dibelikan ke semangkok baso dan jus. Jadi, tidak ada yang berat asal kita niat untuk membayar paja. Ini juga yang sedang saya terapkan dalam kehidupan saya. Saya berusaha menyisihkan uang recehan untuk disimpan sebagai tabungan pajak kendaraan.
Zaman now, bayar pajak kendaaran pun tidak se-horor dulu yang mesti antri di kantor samsat. Dulu, orangtua saya sering sekali berangkat dari pagi - pagi buta ketika akan membayar pajak di kantor samsat. Tapi sekarang, banyak pihak - pihak yang sudah bekerjasama demi mempermudah pembayaran pajak kendaraan salah satunya adalah bank BJB. Artikel tentang pembayaran pajak kendaraan di bank BJB pernah saya tulis disini. Selain bank BJB dan beberapa bank lain adapula marketplace yang bisa melayani pembayaran pajak kendaraan tapi saya sendiri belum pernah mencoba.

Selain melalui bank dan marketplace, ada juga samsat keliling yang mempermudah kita dalam membayar pajak kendaraan. Hari Senin adalah jadwalnya samsat di terminal Maja, kebetulan sekali pajak motor orangtua saya sudah jatuh tempo bahkan sejak tanggal 29 bulan lalu. Tanpa fikir panjang saat mengetahui info tersebut saya langsung pergi ke terminal maja untuk membayar pajak kendaraan. Sesampainya disana sudah ada beberapa orang yang juga mengantri, tapi antriannya masih wajar dan tidak membuat saya jadi balik kanan bubar jalan. hehe


Saya langsung saja menyerobot ke dalam antrian, maklum lah jiwa emak - emak saya muncul. Kemudian saya lihat ada polisi dan petugas samsat didalam mobil tersebut. Langsung saya tanya apakah perlu fotocopy KTP dan STNK nya? Dan katanya cukup KTP dan STNK yang asli saja. Tidak sampai 15 menit saya sudah beres melakukan pembayaran kemudian mengambil STNK yang sudah distempel di bagian mobil sebelah pinggir yang didesign menyerupai loket. Shocking soda deh, begitu cepat dan mudahnya bayar pajak di samsat keliling ini apalagi ada penghapusan denda sampai akhir bulan Desember. Yuhuuu tunggu apalagi untuk bayar pajak kendaraan.

Nah dibawah ini jadwal samsat keliling di daerah lainnya di Majalengka yang saya dapat dari IG samsat Majalengka.


Nah bagi baraya Majalengka yang sibuk dan tidak ada waktu untuk datang ke kantor samsat, tinggal cari titik terdekat samsat keliling dan sesuaikan jadwalnya. Yuk bayar pajak, mudah kan?

No comments for "Baraya Majalengka, Yuk Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Keliling!"

Berlangganan via Email