Mudahnya Bayar Pajak Kendaraan di Bank BJB


Astagfirullah.. Lupa bayar pajak motor yang harusnya 13 Agustus, eh ini tanggal 03 September belum bayar. Aduh membayangkan mesti antri di samsat sambil bawa anak kecil yang sedang aktif - aktifnya kok jadi males ya, tapi kalau tidak dibayar hari ini juga takutnya denda semakin besar. Saat bingung seperti itu barulah ingat kalau bayar pajak motor bisa di bank BJB, tapi dulu untuk wilayah Majalengka cuma bisa di bank BJB Kadipaten. Walaaah kalau mesti ke Kadipaten jarak tempuhnya malah lebih jauh. Setelah mencari - cari informasi akhirnya saya dapatkan info bahwa sekarang pembayaran pajak kendaraan sudah bisa disemua bank BJB karena sudah berlaku sistem online.
Jam 8 kurang saya sudah berangkat ke bank BJB Maja, jaraknya dekat kurang lebih 5-10 menit perjalanan. Sesampainya disana sudah lumayan banyak customer. Saya disambut oleh security dan saya mengutarakan maksud saya untuk membayar pajak motor di bank BJB dan security pun membantu saya mengecek terlebih dahulu. Memang saya yang meminta dicek terlebih dahulu takutnya kena denda besar karena saya cuma bawa uang cash sedikit dan ATM BJB pun katanya sedang proses pengisian uang.
Setelah dilakukan pengecekkan, alhamdulillah dendanya tidak terlalu besar dan saya tidak perlu cari mesin ATM untuk mengambil uang karena uang cash saya cukup banget alis pas sekali hihi. Kalau dulu di BJB Kadipaten kita membayar pajak kendaraan di loket samsat yang memang ada di bank BJB, kalau sekarang kita langsung bayar di teller. Jangan lupa siapkan KTP dan STNK yang asli dan fotocopynya.Setelah melakukan pembayaran di kasir, saya diberi bukti pembayaran seperti dibawah ini.

Kemudian kita harus ke customer service untuk melakukan validasi pembayaran. Tapi karena anak saya keburu rewel akhirnya saya pulang dulu dan kembali lagi ke bank BJB setelah jam istirahat.
Proses validasi lebih cepat jika dibanding dengan proses pembayaran di teller karena katanya tadi ada sedikit gangguan sistem. Di customer service saya kembali diminta KTP asli dan STNK asli tentunya karena akan diberi stempel.

Stempelnya memang berbeda dengan stempel dari samsat tapi pembayaran melalui bank BJB ini sah jadi kita tidak perlu khawatir. Selain itu saya juga diberi print out berisi bukti pembayaran pajak melalui bank BJB.

Dengan berlakunya sistem online di bank BJB untuk pembayaran pajak kendaraan, saya sebagai ibu rumah tangga dengan anak kecil yang susah dititipkan ke orang lain benar - benar merasa sangat terbantu karena lebih hemat waktu. Kenapa hemat waktu? karena bisa dilakukan disemua cabang bank BJB, pilih saja cabang yang terdekat dengan tempat tinggal. Kebayang kan kalau mesti antri di samsat?
Yuk mari bayar pajak kendaraannya!


Berlangganan via Email