Cara Klaim Saldo BPJS Ketenagakerjaan Untuk Kabupaten Majalengka


Klaim saldo BPJS Ketenagakerjaan ribet? kata siapa? gampang kok, asal kita tahu alurnya. Tahun lalu saya coba membantu suami dalam proses klaim saldo BPJS Ketenagakerjaan. Pada waktu itu prosesnya adalah kita harus melakukan pengajuan online melalui aplikasi kemudian setelah disetujui dan ada email verifikasi, tinggal mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Kebetulan untuk wilayah Majalengka tidak ada dalam aplikasi, jadi cabang yang dipilih adalah cabang Cirebon namun kita cukup datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Majalengka di Jatiwangi. Tanpa pikir panjang dan mencari informasi terbaru, saat akan melakukan klaim saldo atas nama saya pribadi, saya langsung saja melakukan pengajuan secara online dan pengajuan disetujui dengan adanya balasan email seperti dibawah ini :

Email balasan masuk pada tanggal 26 April 2019 dan kita harus datang ke kantor cabang paling lambat 7 hari setelah ada balasan email tersebut. Oh iya biasanya email tersebut masuk di folder UPDATES jadi kalau di inbox/kotak masuk belum ada reply silahkan cek ke UPDATES. Saya baru sempat datang ke kantor Jatiwangi hari Selasa tanggal 30 April 2019 dengan membawa berkas - berkas yaitu KTP, kartu keluarga, surat paklaring, buku tabungan dan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang asli. Namun sangat menyedihkan karena baru sampai security saja saya sudah ditolak karena katanya kalau sudah pengajuan online ya harus datang ke kantor cabang Cirebon. Tapi jika ingin diproses di Jatiwangi, cukup datang langsung ke kantor Jatiwangi untuk melakukan pengajuan secara manual. Saya coba minta dicancel pengajuan tersebut tapi tidak bisa. Wah.. rasanya nano - nano. Antara kaget, kesel dan lucu dengan kelakuan sendiri yang terkesan sok pintar ini kan hihi. Apa susahnya coba kalau cari informasi dulu?
Dengan penuh semangat saya langsung mengajak suami untuk berangkat ke Cirebon naik motor saja. Tapi suami menyarankan untuk naik angkutan online ( mobil ) dengan alasan bawa bayi. Dari situ saya agak tertegun kemudian cek harga diaplikasi dan harganya lumayan bikin sakit mata ( dasar emak - emak ). Untuk ongkos pulang pergi bisa sampai 300ribuan, lumayan kan untuk belanja kebutuhan dirumah hihi. Okelah kita pulang dulu dan berfikir dulu baiknya akan ke Cirebon menggunakan alat transportasi apa. Oh ya selain itu saya juga meminta surat laporan ke Dinas Tenaga Kerja dari perusahaan karena berdasarkan info dari kantor Jatiwangi, surat tersebut diperlukan untuk proses klaim. Namun berbeda dengan info yang saya dapatkan dari HRD tempat saya bekerja dulu bahwa sekarang sudah tidak diperlukan lagi. Tapi tidak ada salahnya disiapkan takutnya saya sudah jauh ke Cirebon dan harus putar balik karena ada persyaratan yang kurang.
Setelah berfikir panjang lebar akhirnya kami putuskan pergi ke Cirebon menggunakan motor saja. Kami berangkat hari Kamis 02 Mei 2019 jam 06.00 pagi dan sampai di kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Cirebon jam 07.30. Kantor mulai buka pukul 08.00 pagi tapi sebelum jam tersebut sudah banyak orang yang mengantri. Kemudian tidak terlalu lama setelah saya sampai, ada security yang meminta print out email verifikasi untuk yang sudah mengajukan secara online.

Saat jam menunjukkan pukul 08.00 kantor dibuka dan kami yang sudah mengajukan secara online, dipanggil lebih dulu untuk memasuki loket 01 yaitu loket untuk pemeriksaan dokumen. Diloket tersebut juga sekaligus mendapatkan nomor antrian untuk ke loket selanjutnya yaitu loket pelayanan klaim. Jadi, pendaftaran antrian online via aplikasi apakah sudah efektif? Saya kurang tahu karena saya coba beberapa kali untuk daftar antrian online dengan harapan bisa mendapatkan antrian pertama tapi jawaban dari aplikasi adalah ANTRIAN PENUH. Oh iya bawa persyaratan asli dan fotocopy nya ya. Setelah beres diloket 01 untuk pemeriksaan dokumen, saya diberi formulir untuk diisi sekaligus mendapatkan nomor antrian 004 untuk loket pelayanan klaim.

Nah untuk diloket pelayanan klaim, prosesnya bisa cepat bisa juga lama. Alhamdulillah saya pribadi tidak ada kendala jadi hanya beberapa menit saja dan selesai dengan diberikannya tanda terima. Dana akan cair ke rekening maksimal 14 hari kerja. Namun, orang disebelah saya cukup lama berada diloket karena sepertinya ada sedikit masalah dengan data diri.

Berdasarkan pengalaman saya dalam melakukan proses klaim saldo BPJS Ketenagakerjaan ini, ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi kalian yang berencana untuk melakukan klaim saldo BPJS Ketenagakerjaan:
1. Cari tahu informasi terbaru agar tidak terjadi kekeliruan seperti saya yang akhirnya saya harus datang jauh ke kantor Cirebon.
2. Siapkan dokumen berupa KTP, KK, surta paklaring, buku tabungan aktif atas nama sendiri dan kartu BPJS Ketenagakerjaan ( asli dan fotocopy ). Oh iya saya sempat mendengar dari orang yang antri didepan saya bahwa ketika kartu BPJS Ketenagakerjaan kita hilang, untuk dokumen pendukung yang digunakan untuk klaim saldo menggunakan surat keterangan hilang dari polisi atau opsi lainnya yaitu mengunakan kartu digital yang ada di aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.
3. Usahakan datang lebih pagi untuk menghindari antrian.

So, warga Majalengka yang mau klaim saldo BPJS Ketenagakerjaan silahkan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Majalengka di Ruko Jatiwangi Square ya. Atau kalau mau sekalian jalan - jalan bisa ajukan online dan pilih kantor Cabang Cirebon :D

4 comments for "Cara Klaim Saldo BPJS Ketenagakerjaan Untuk Kabupaten Majalengka"

Eji ! said…
Saya dari bandung mba tapi KTP majalengka,dan untuk antrian online di sini selalu penuh.
Kemudian saya di sarankan untuk buka tabungan BTN dan itu di persulit juga krna harus ada domisili krna KTP saya luar kota.
Dengan adanya artikel ini sangat membantu..terimakasih 🙏
Susi said…
wah mbaknya asli Majalengka? alhamdulillah kalau membantu mbak, bantu share artikel ini ya Mbak hehe
ziebrinkka said…
makasih mba atas infonya,oh iyaitu kartu bpjs ketenagakrejaan nya ada 2 ya?
Susi said…
betul ada 2 mbak..yg satunya bs d cairkan setelah kita usia pensiun

Berlangganan via Email