Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lulus CPNS Tanpa Belajar? Simak 3 Tips Penting Ini!

Konten [Tampil]
https://www.susistory.com/2021/10/lulus-cpns-tanpa-belajar-simak-3-tips.html

Lulus CPNS Tanpa Belajar - Halo, pejuang NIP! Sudah sampai mana nih perjuangannya? Saya yakin diluar sana banyak sekali yang perjuangannya sampai berdarah – darah demi bisa lulus CPNS. Lalu, ada nggak ya yang bisa lulus CPNS tanpa belajar? 

Pengalaman Suami Lulus CPNS Tanpa Belajar

Kalau ada yang bilang lulus CPNS itu susah, saya setuju banget! Bayangkan saja, dari ribuan orang yang melamar biasanya hanya beberapa saja yang diambil. Maka, menjadi yang terbaik diantara yang baik adalah kuncinya. Untuk menjadi yang terbaik tentunya kita harus ikhtiar salah satunya ya dengan belajar supaya bisa menguasai soal – soal yang akan diujikan dalam tes CPNS. Tak heran jika bimbel – bimbel online CPNS semakin menjamur dan laris manis! Belum lagi buku – buku CPNS yag tebalnya Masyaallah itu juga banyak dijual di marketplace dan sosial media. So, dapat disimpulkan bahwa menjadi ASN itu penuh perjuangan sekali.

Lantas, ditengah begitu banyak orang yang melakukan persiapan matang agar bisa lulus CPNS, ada nggak sih yang lulus CPNS tanpa belajar? Ada dan suami saya adalah salah satunya. Ya, suami saya lulus CPNS di Kementrian Agama Jawa Barat pada tahun 2019 dan sekarang bekerja di salah satu MTs di ruang lingkup Kementrian Agama Jawa Barat. Pada saat itu yang melamar ada sekitar seribu orang dan membutuhkan 72 orang saja. Alhamdulillah suami saya lulus passing grade dan menempati peringkat 9. Bagi saya, hal tersebut amazing banget ya melihat kenyataan bahwa itu merupakan pengalaman pertama beliau di “last minute” usianya bisa daftar CPNS. Hahaha… Ditambah lagi beliau memang nggak belajar serius apalagi sampai beli buku ataupun ikut bimbel online. Maklum, pada saat itu beliau memang sibuk mencari nafkah untuk kami. LOL. Saking sibuknya, saya sampai nggak tahu kalau beliau ikutan seleksi CPNS. Saya baru tahu beberapa hari sebelum jadwal tes SKD di Bandung. 

Lulus CPNS Tanpa Belajar? Simak Tips – Tips Dibawah Ini!

Nggak ada yang nggak mungkin kalau Allah sudah berkehendak, termasuk urusan lulus CPNS. Namun, sebagai manusia kita wajib berikhtiar supaya Allah melancarkan semua hajat kita, betul? So, inilah beberapa tips lulus CPNS tanpa belajar berdasarkan pengalaman suami saya. Sekali lagi ini cuma sharing ya, bisa saja berbeda dengan pengalaman orang lain.

1. Lulus CPNS Tanpa Belajar Dengan Memahami Tipe Soal

Tips lulus CPNS tanpa belajar yang pertama yaitu dengan memahami tipe soal. Ingat lho, memahami bukan menghafal ya! Dalam tes CPNS tersedia ribuan paket soal, tapi kalau kita sudah paham tipe soalnya maka ketika soal divariasikan seperti apapun Insyallah akan bisa mengerjakannya. Nah, kok bisa suami saya paham tipe soal padahal nggak belajar? Kuncinya adalah pengalaman. Sebelum menjadi ASN, suami saya memang pernah bekerja di beberapa perusahaan dan sering mengikuti tes seleksi masuk perusahaan. Maka, ketika sepintas melihat contoh – contoh soal CPNS beliau merasa yakin bahwa soal – soal tersebut sudah sangat familiar.

Buat kalian yang nggak paham tipe soal dan mau coba ikut tes CPNS kemudian berharap bisa lulus CPNS tanpa belajar? Sah – sah saja, sih! Siapa tahu hoki sedang berpihak pada kita. Namun, untuk menghindari penyesalan di kemudian hari, jika kita merasa tidak menguasai soal – soal dalam tes CPNS maka belajar adalah salah satu ikhtiar wajib. Terlepas nanti hasilnya memuaskan atau tidak, yang penting kan sudah berusaha. Menurut saya lebih lega aja ketika kita sudah belajar tapi ternyata lulus passing grade aja nggak misalnya, nggak apa – apa setidaknya kita jadi tahu kelemahan kita dimana dan bisa memperbaiki untuk tes CPNS selanjutnya. Jika kita tes CPNS hanya modal nekat, saat mendapatkan hasil yang kurang memuaskan pun biasanya akan berdalih “maklum lah saya mah cuma iseng – iseng ikut CPNS”. Akhirnya, nggak ada rasa ingin berusaha lebih baik buat kedepannya. Itu menurut pendapat saya sih. Hehehe… Next, saya juga akan cerita mengenai pengalaman saya ikut tes CPNS untuk pertama kalinya dikala hamil dan pandemi. Hehehe…

Batal Tambal Gigi Di Puskesmas Karena Pandemi

2. Tenang Dalam Mengerjakan Soal

Tips lulus CPNS tanpa belajar yang selanjutnya yaitu tenang dalam mengerjakan soal. Ketika kita panik apalagi di awal – awal mengerjakan soal, sudah pasti kedepannya akan ambyar! Jangankan bisa mengerjakan soal dengan benar, mencerna soal dengan baik pun belum tentu bisa. Kalau kita sudah salah mencerna atau menafsirkan soal, mana bisa mengerjakan soal dengan benar kan? Begitulah kurang lebih yang diungkapkan oleh suami saya. Suami saya melihat orang di meja sebelahnya ketika tes CPNS dan beliau terlihat sangat panik. Nah, jangan sampai seperti itu ya teman. Kuncinya adalah tenang. Memang sih kita dituntut untuk cepat dalam mengerjakan soal karena kita hanya punya waktu 120 menit saja untuk sekitar 110 soal ( kalau nggak salah, mendadak amnesia wkwkwk ). Namun, bukan berarti kita jadi tergesa – gesa dan akhirnya panik. Menurut saya, tips ini berlaku untuk semua orang yang akan mengikuti tes CPNS baik itu yang sudah belajar maksimal maupun tidak ada persiapan sama sekali dan berharap bisa lulus CPNS tanpa belajar.

3. Minta Doa Kepada Keluarga

Sebagai makhluk yang beriman, tentunya kita meyakini bahwa selain berusaha harus juga dibarengi dengan berdoa. Saat akan mengikuti tes CPNS baik itu sudah persiapan dengan matang maupun tidak ada persiapan sama sekali, jangan lupa untuk meminta doa kepada keluarga termasuk ibu. Suami saya sering bilang berkali – kali bahwa doa ibu adalah doa yang sangat mustajab. Selain doa ibu, minta juga doa kepada anggota keluarga lainnya. Selain itu, berdoalah di waktu – waktu yang mustajab, salah satunya yaitu ketika dalam perjalanan. Selama di perjalanan menuju tempat tes, suami saya memanfaatkan moment tersebut untuk terus berdoa supaya diberi kemudahan dan bisa lulus CPNS.

Kesimpulan

Itulah pengalaman suami saya yang bisa lulus CPNS tanpa belajar. Banyak orang yang bilang kalau lulus CPNS itu ibarat untung – untungan. Saya pun meyakini hal tersebut, selalu ada faktor “sudah rezeki” dibalik apa yang kita dapatkan apapun itu, termasuk bisa lulus CPNS. Namun, sebagai manusia tidak ada salahnya untuk selalu berikhtiar. Mau modal nekad ikut CPNS dan berharap bisa lulus CPNS tanpa belajar seperti suami saya? Boleh. Namun, lebih baik lagi jika kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari. Teman – teman, ada yang mau sharing mengenai tes CPNS? Silahkan tulis di kolom komentar ya siapa tahu bisa bermanfaat bagi para pembaca!



Referensi

Pengalaman pribadi suami


Post a Comment for "Lulus CPNS Tanpa Belajar? Simak 3 Tips Penting Ini!"