Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TIPS MENGHADAPI ANAK SUSAH TIDUR SIANG AGAR IBU TETAP WARAS

TIPS MENGHADAPI ANAK SUSAH TIDUR SIANG


Tips Menghadapi Anak Susah Tidur Siang - Bu, pilih anak susah makan atau susah tidur? Kalau saya sih, nggak mau dua - duanya! Anak saya, tergolong anak yang susah tidur siang. Kalau urusan makan sih alhamdulillah lancar jaya, sesekali menolak makan sih nggak apa - apa. Anggap saja seni dalam mengasuh anak, ya kan?

Anak Susah Makan Nasi? Coba Resep Creamy Spagheti!

Susah Tidur Siang, Lebih Menyeramkan Daripada Susah Makan

Tipe susah tidur anak saya yaitu susah tidur siang, matanya selalu ON sepanjang hari tanpa merasa ngantuk dan lelah. Kalau tidur malam sih alhamdulillah nyenyak dan ini bermula dari ia bayi merah hingga sekarang menjelang ulang tahunnya yang ke - 3. Sebagian orang nggak percaya kalau anak saya susah tidur siang karena lazimnya anak - anak terutama yang masih berusia balita selalu tidur siang walaupun ketika usianya bertambah maka waktu tidur siangnya akan semakin berkurang.

Sikap saya mungkin berlebihan, selalu dipusingkan dengan JARANG nya anak tidur siang. Yup, jarang disini benar - benar jarang. Ada kalanya anak saya bisa tidur siang tapi itu bisa dihitung jari dan setelah tidur siang dia akan begadang semalaman bahkan hingga dini hari. Duh, agak horor juga sih apalagi kalau baca - baca artikel mengenai pentingnya tidur siang bagi anak, salah satunya disini.

Tidur siang memang sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak. Selain itu, ada yang tak kalah penting yaitu sisi waras seorang ibu. Just sharing, saya mengurus anak sendiri. Ya, meski masih menumpang dirumah orangtua tapi orangtua saya punya kesibukkan sendiri. Jadinya saya memang mengurus semuanya sendiri.

Kalau ditanya gimana rasanya? Pokoknya, ah mantap! Bagi ibu yang pengasuhan anaknya dibantu oleh pihak ketiga baik itu orangtua atau ART, rasanya problema anak susah tidur  siang nggak jadi masalah berarti. Setidaknya ibu bisa sedikit bernafas ketika anak dipegang oleh orangtua atau ART, walaupun tetap namanya seorang ibu akan memberikan kontrol penuh kepada anak meski sedang dijaga oleh orang lain.

Saya nggak merasa jadi ibu yang hebat, sih. Saya masih sering merasa capek, tumbang bahkan hampir hilang kewarasan. Lebay! Tapi saya berani bilang kalau saya punya jam terbang lebih banyak dalam menghadapi anak yang susah tidur siang. Hahaha… Maka dari itu saya akan coba sharing beberapa tips menghadapi anak susah tidur siang agar ibu bisa tetap waras, semoga saja bisa membantu para ibu diluar sana yang punya permasalahan sama. Saya menulis ini dari sudut pandang saya sebagai ibu bekerja. Jadi, jika beda pemahaman dengan sudut pandang ibu bekerja atau ibu yang berbisnis, nggak apa - apa. Just sharing, ya!

Tips Menghadapi Anak Susah Tidur Siang

1. Maksimalkan Pekerjaan Rumah Tangga Sebelum Anak Bangun

TIPS MENGHADAPI ANAK SUSAH TIDUR SIANG

Tips menghadapi anak susah tidur siang yang pertama yaitu usahakan mengerjakan pekerjaan rumah sebelum anak bangun. Saya memang membiasakan diri mengerjakan pekerjaan rumah pagi - pagi buta ketika anak tidur. Biasanya saya memulai pekerjaan rumah jam 3 atau jam 4 pagi. Sebagai ibu rumah tangga yang full dirumah saja, sebenarnya saya bisa saja bangun lebih santai. Namun karena alasan anak saya yang susah tidur siang itu, saya harus rela curi start duluan kecuali kalau habis begadang daripada  ribet mengerjakan pekerjaan rumah dengan hecticnya mengurus anak. Kalaupun ada pekerjaan rumah yang harus dikerjaan, mungkin hanya sebagian kecil saja. Intinya ketika anak bangun saya sudah ready.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

TIPS MENGHADAPI ANAK SUSAH TIDUR SIANG

Makanan adalah kunci. Memiliki anak yang susah tidur siang itu memang butuh tenaga ekstra. Bagaimana jadinya kita bisa mengawasi anak yang seharian matanya terbuka jika kita sendiri ‘loyo’? Apalagi anak dengan rentang usia balita biasanya masih aktif - aktifnya dan perlu pengawasan super ketat. Lengah dikit selalu saja ada drama kejedot pintu lah, jatuh tanpa sebab lah atau sekedar nangis karena alasan yang tidak terdefinisikan. Eh, jadi curhat nih!

Intinya, jangan pelit uang kalau soal makanan apalagi demi kesehatan. Kenapa sih saya bilang begini? Karena sebagian orang menganggap kalau makanan sehat itu MAHAL. Menurut saya, makanan sehat jauh lebih murah jika dilihat dari manfaatnya. Contohnya saja kita beli satu buah naga seharga 15 ribu, pasti sebagian orang akan merasa jauh lebih berat beli buah - buahan ketimbang beli junk food yang harganya bisa lebih mahal dari buah naga, betul? Oh ya, sumber makanan bergizi padahal sangat mudah kita dapatkan apalagi akhir - akhir ini populer lifestyle yang pola konsumsinya adalah real food. P Padahal kalau dilihat - lihat makanan real food itu jadi teringat makanan orangtua tempo dulu nggak sih? Hehe

3. Sempatkan Untuk Me Time

TIPS MENGHADAPI ANAK SUSAH TIDUR SIANG

Anak susah tidur siang, kapan kita bisa me time? Mungkin malam hari bisa dijadikan alternatif untuk kita melakukan me time. Tapi ingat jangan sampai bablas begadang ya, alih alih me time untuk menghilangkan stress eh malah jadi sakit karena begadang. Oh ya, untuk aktifitas yang bisa dijadikan ajang me time pun bisa disesuaikan dengan hobi kita. Saya pribadi biasanya mengisi waktu me time dengan mendengarkan musik sambil menulis atau baca buku. Selain itu ada lagi aktifitas saya setiap malam yang biasa saya jadikan me time yaitu menyaksikan akting Mbak Andin dan Mas Al dalam sinetron Ikatan Cinta. Heuheu... Kalau kalian biasa mengisi me time dengan kegiatan apa?

4. Ajak Suami Berdiskusi

TIPS MENGHADAPI ANAK SUSAH TIDUR SIANG

Dalam berumah tangga, suami istri adalah partner terbaik. Ya, meskipun kita masih punya anggota keluarga lain yang lengkap tapi segala sesuatu dalam lingkup keluarga kecil adalah tanggung jawab berdua. Nah, urusan anak susah tidur siang pun suami harus ikut andil. Kalaupun suami tidak bisa membantu istri mengurus anak yang susah tidur siang karena harus bekerja atau menjalani Long Distance Marriage ( LDM ), setidaknya jadilah pendengar yang baik ketika istri berkeluh kesah tentang rasa lelahnya seharian. Meringankan beban istri ternyata mudah sekali, ya?

5. Maafkan Diri Sendiri

TIPS MENGHADAPI ANAK SUSAH TIDUR SIANG

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa jika seseorang memiliki rasa memaafkan, maka kesehatan tubuhnya baik jiwa ataupun raganya, lebih sehat daripada orang yang egois atau tidak mau memaafkan.

Dikutip dari buku berjudul Self Healing For Your karya Dedi Yulianto, seseorang yang bisa memaafkan akan jauh lebih baik tak hanya secara kejiwaan namun juga secara jasmani. Memaafkan diri sendiri sangat penting dalam hal ‘kewarasan’ seorang ibu. Memiliki anak yang susah tidur siang sedikit banyaknya akan berpengaruh pada aktifitas harian kita sebagai ibu rumah tangga. Boleh lah kita berusaha menjadi sosok ibu dan istri yang terbaik dengan label ibu multitalenta, tapi beri sedikit ruang untuk ketidaksempurnaan dalam diri kita dan itu sangat manusiawi.

Awal - awal menjadi ibu, saya sering merasa bersalah kepada diri sendiri ketika melihat baju  kusut yang belum disetrika selama seminggu. Atau ketika saya nggak sempat masak dalam sehari. Rasanya dalam hati sering bergumam, lo ngapain aja sih nggak sempet nyetrika? Mungkin postingan - postingan bahwa menjadi ibu rumah tangga pun harus produktif yang mengotori fikiran saya itu. Padahal dengan saya menghabiskan waktu seharian dengan anak pun sudah sangat produktif. Nggak percaya? Coba deh di list kegiatan apa saja yang dihabiskan bersama anak mulai dari mengasuh, mengajari anak, menemani anak bermain dan lain - lain. Jadi, makna produktif sebagai ibu rumah tangga itu sangat personal dan nggak melulu berbicara soal uang. Jadi, mulai sekarang berusaha memaafkan diri sendiri atas segala ketidaksempurnaan kita yuk! Kalau bukan kita yang memaafkan, siapa lagi?

Itulah beberapa tips menghadapi anak susah tidur siang agar kita sebagai ibu bisa tetap waras dalam beraktifitas. Terlepas dari beberapa tips di atas, hal utama tentunya saya selalu berusaha agar anak saya bisa tidur siang secara teratur dan saya belum menemukan cara yang efektif. Hehe... Kalian yang punya pengalaman sama yaitu menghadapi anak susah tidur siang atau malam, boleh sharing di kolom komentar ya!


3 comments for "TIPS MENGHADAPI ANAK SUSAH TIDUR SIANG AGAR IBU TETAP WARAS"

  1. Makasih bund informasi rupanya sangat bermanfaat dan membantu

    ReplyDelete
  2. anak - anakku berhenti tidur siang ketika keduanya mencapai usia 3 tahun. sudah digiring dengan berbagai cara, kalau tidak terlalu lelah mereka enggan tidur siang. Padahal anak usia hingga 6 tahun masih disarankan tidur siang ya. Saran di atas mungkin bisa menjadi solusi saya nih, thanks for sharing ya

    ReplyDelete
  3. anak-anakku belakangan lagi malas tidur siang dan itu emang bikin mamak sutriis deh, kadang tidur udah hampir sore dan jadilaah bangunnya jelang malam.
    tapi as long as anak-anak gak lapar, gak sakitt, yaaa santai aja dan mamak tetap bisa waras kerjain tugas domestik maupun ngeblog :D

    ReplyDelete

Berlangganan via Email