Penyebab Anak Susah Makan Dan Cara Mengatasinya. Based On My Story, Check!

penyebab anak susah makan


Anak makan lahap, nggak pilih – pilih menu makanan, merupakan dambaan semua ibu. Ibu mana yang nggak bahagia ketika ada netizen berkata, “aduuuh lahap banget yaa makannya!”. Tapi, beda anak beda cerita. Ada anak yang lahap dan nggak pernah pilih – pilih makanan. Ada anak yang lahap tapi dengan makanan tertentu saja. Ada pula anak yang tergolong susah sekali makan. Nah, anak saya tergolong anak yang lahap makan tapi bukan berarti nggak pernah mengalami fase susah makan atau menurut bahasa kerennya GTM ( Gerakan Tutup Mulut ).

Oke, saya akan bercerita bagaimana saya sudah kenyang melewati fase anak susah makan. Jadi, di awal MPASI hingga usia 8 bulanan anak saya tergolong lahap dengan MPASI homade buatan saya. Bukan saya anti fortifikasi ya, anak saya memang nggak suka MPASI fortifikasi meski saya sudah coba berbagai merk. Namun di usia 8 bulanan ketika mulai beralih ke tekstur yang agak padat dibanding sebelumnya, anak saya mulai susah makan.

Gimana Rasanya Ketika Anak Susah Makan?

Waduh… Jangan ditanya, saya suka ikutan nggak nafsu makan! Stress iya, nggak enak hati juga iya. Rasanya saya ketakutan kalau anak saya kelaparan karena selalu menolak tiap disodori makanan. Berbagai cara pun sudah saya lakukan ketika anak susah makan, tapi ya gitu deh tuteup aja! Alhamdulillah setelah usia setahun ke atas anak saya mulai jarang susah makan. Makannya lahap, protein suka, sayur pun oke. Ada sih masanya dia susah makan, tapi ya cuma sesekali saja.

Penyebab Anak Susah Makan

Mengenai penyebab anak susah makan, seperti sudah saya sebutkan diatas bahwa berbeda cerita antara satu anak dengan anak lainnya. Tapi, saya akan coba jabarkan beberapa penyebab anak susah makan berdasarkan pengalaman saya sendiri. Semoga bisa membantu para ibu yang anaknya sedang berada di fase susah makan.

1. Sakit

penyebab anak susah makan dan cara mengatasinya


Penyebab anak susah makan yang pertama yaitu sakit. Entah itu demam, pilek atau sakit gusi karena sedang tumbuh gigi. Jangankan anak kecil atau bayi yang belum bisa bicara. Kita yang sudah dewasa saja kalau sakit pasti nafsu makan akan berkurang, betul? Saya masih ingat ketika anak saya demam dan nafsu makannya menurun drastis. Ngemil nggak mau, makan berat apalagi. Wah, panik banget sih! Ditambah demam yang sudah lewat dari 3 hari. Setelah saya periksakan anak saya ke dokter anak, ternyata dimulutnya ada beberapa sariawan. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi nafsu makan anak saya sehingga anak menolak makanan apapun yang coba saya berikan.

Ketika anak susah makan karena sakit, mau nggak mau kita sebagai ibu yang harus sabar. Ketika anak minta apapun ( selama makanan yang diminta masih tergolong aman ), berikan saja. Nggak harus makan menu lengkap dulu nggak apa – apa daripada tidak terisi makanan sama sekali. Lagipula anak butuh waktu untuk recovery dan mengembalikan nafsu makannya setelah sakit.

2. Bosan

penyebab anak susah makan dan cara mengatasinya


Penyebab anak susah makan yang kedua yaitu bosan dengan menu makanan. Ibu – ibu, sering nggak ngalamin tiba – tiba pengen makan apa gitu? Nah, anak kecil pun pasti mengalami itu tapi belum bisa mengungkapkannya. Dulu, saya biasa memberikan anak saya makan berat berupa nasi ( nasi tim ) sebanyak 3x dalam sehari. Pagi nasi, siang nasi dan sore pun nasi meski dengan lauk yang berbeda. Lama – lama anak saya sering menolak makanan terutama di pagi hari. Hmmm... Sepertinya anak saya bosan lho pagi siang sore makan nasi terus. Kemudian saya coba mengganti menu sarapan dengan menu apa saja, nggak masalah nggak makan nasi selama nutrisinya terpenuhi. Dan terbukti dengan cara tersebut anak saya makan nasi lebih lahap ketika siang hari.

 Menu Andalan Ketika Anak Susah Makan, Yuk Coba!        

By the way, semua ibu memang nggak harus pintar masak, kok. Tapi demi anak makan lahap, ya kita usaha sedikit dengan selalu membuat makanan anak yang lebih variatif. Jangan khawatir, di zaman yang serba digital ini nggak susah kok untuk mendapatkan resep masakan karena sudah tersedia dalam satu sentuhan smartphone. Kalaupun ibu tidak sempat masak, coba membeli makanan dari luar yang berbeda dari biasanya.  Ayo.. ayoo.. mau masak menu apa nih untuk si buah hati?

3. Masih Kenyang

penyebab anak susah makan dan cara mengatasinya


Penyebab anak susah  makan yang ketiga yaitu masih kenyang. Yups, kapasitas lambung bayi dan anak tentunya tidak sama dengan kapasitas lambung orang dewasa. Jadi, jangan paksakan anak makan sesuai dengan porsi kita. By the way, mengenai porsi makan anak secara lengkap ada disini. Selain itu, lambung juga perlu waktu untuk memproses makanan. Seperti dikutip dari highlight instagramnya dokter anak kece @metahanindita, bahwa perlu waktu 100 menit untuk mengosongkan isi lambung sebanyak 50%. Jadi, kalau anak habis ngemil segala macam biasanya memang akan menolak untuk makan.

Maka dari itu penting banget lho untuk menerapkan jadwal makan supaya anak mengenal konsep lapar dan kenyang seperti yang dijelaskan oleh dokter Meta. Jadwal makan tiap anak pasti berbeda – beda dan biasanya sangat berkaitan dengan jadwal tidurnya. Menurut saya, mengenai jadwal makan itu terlihat simple tapi untuk prakteknya agak susah. Apalagi kalau ibu – ibu tinggal di lingkungan yang menganut paham "makan sedikit tapi sering". Makan sedikit tapi sering sih nggak salah, tapi kalau seringnya itu nggak beraturan? Ambyar sudah jadwal makan anak yang sudah kita susun secara rapi.

Misalnya nih, anak saya biasa sarapan jam 7.00 – 8.00 pagi karena sekarang anak saya suka bangun jam 5 – 6 pagi. Tapi, maaf sebelumnya nih ya... kadang kalau orangtua zaman dulu pokoknya pagi – pagi harus cepet sarapan biar nggak perih perut, katanya. Nah ini kejadian di anak saya. Jadi ketika neneknya libur jualan dan ada dirumah, jam 6 pagi sudah diajak sarapan. Namanya anak kecil sih mau – mau aja, tapi ya gitu sarapannya jadi nggak lahap karena memang saya membiasakan anak sarapan agak siang sambil menunggu lapar juga sambil anak mandi dan "loading" dulu istilahnya setelah bangun tidur. Kecuali kalau anak saya bangun jam 3.00 – 4.00 pagi biasanya jam 06.30 sudah saya beri sarapan. Tapi, kembali lagi ke kondisi anak masing – masing. Kadang ada tipe anak yang mau makan apapun dan kapanpun lahap terus. Heheheh

                                   penyebab anak susah makan dan cara mengatasinya

Itulah 3 penyebab anak susah makan berdasarkan pengalaman saya pribadi. Nah, penting sekali lho untuk mengevaluasi apa penyebab anak susah makan agar penanganan selanjutnya tidak salah sasaran. Misalnya ketika anak susah makan karena perutnya masih kenyang setelah banyak ngemil, mau makanan seenak apapun ya gimana kalau lambungnya masih penuh? Oh ya, jangan dulu panik ketika anak susah makan. Tapi, jika anak terus – terusan menolak makan bahkan hingga mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis, segera konsultasikan ke dokter ya!

By the way, ada yang mau sharing pengalaman tentang anak yang susah makan?


23 comments for "Penyebab Anak Susah Makan Dan Cara Mengatasinya. Based On My Story, Check!"

  1. Anak pertama ku makannya gampang banget dan anak kedua aku makannya super bikin menguras emosi hehe tapi ya gitu deh memang setiap anak berbeda beda termasuk kebiasaannya dalam makan ya mak, ngga bisa dipaksakan tapi kita sebagai orang tua harus mempelajari agar mereka tidak kekurangan nutrisi ya mak

    ReplyDelete
  2. Suka stres dulu kalau anak susah makan, padahal udah berusaha bikin itu ini. Ternyata pasti ada penyebabnya ya kenapa anak susah makan, siapa tau aja lagi sakit jadi gak napsu makannya. Sebagai ibu haru pinter2 cari penyebabnyam PR banget ini dulu anak-anak masih kecil, sekarang sih semua makanan dilahap hehehe

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat zaaman anak2ku masih kecil dulu. Iya sih ada saatnya anak ogah makan karena masih kenyang. Bisa jadi bosa sama makanannya karena kurang variatif. Pandai2nya kita mungkin kudu lebih bisa memadupadankan makanan yang enak dan bergizi supaya ank tetap mau makan :D

    ReplyDelete
  4. huhuhu baca ini jadi ingat anak anakku awal awal mpasi dulu, mereka suka Gtm
    makannya susah, makanya BB nya seret

    ReplyDelete
  5. Pernah lah pasti ngalami anak susah makan..hehe...Emang kadang bikin stress...padahal ya selow aja ya selama masih mau makan mkanan lainnya yang sehat bergizi...

    ReplyDelete
  6. Susah makan ini memang drama kolosal ya Mak ... banyak yang mengalaminya maksudnya hihi. Anak2 saya dulunya iya, ada drama ini tapi alhamdulillah sekarang sudah pada lebih kompromi. Kadang malah saya yang tentukan mereka makan apa, kalau mau yang lain, tunggu besok.

    ReplyDelete
  7. Baca ini jadi inget ponakan kecilku, yang lagi mogok makan, banyak kemungkinan, bisa bosan dan ternyata ada tumbuh gigi juga jadinya rewel. Yang perlu disadari adalah ada masa2nya anak ga doyan makan, sebisa mungkin ga panik buat ortunya, selama masih ada cemilan2 masuk kalo aku gapapa.

    ReplyDelete
  8. Sungguh kalau di tulis kesannya simple ya mba, tapi pas prakteknya pusing tujuh keliling pas anak GTM. hahaha..
    Pengalamanku sama 4 anak ini macem2 sih dan ya naik turun memang mood makannya.

    Udah beberapa kali ikutin jadwal yang dikasih dr Meta so far ngebantu banget dan anak ga protes sama makanan yang masuk ke mulut. haha

    ReplyDelete
  9. Sebagai ibu yang pernah punya anak kecil, saya masih terbayang sampai sekarang gimana rasanya saat mereka gak mau makan. Rasanya lebih suka garuk-garus aspal sepanjang hari dari pada dilengos-lengosin terus saat menyodorkan sendok ke mulut mereka. Berhasil sesuap terus dilepehin..Duh Mbak salah satu yang saya syukuri dari hidup sekarang adalah, keluar dari drama gak mau makan itu :)

    ReplyDelete
  10. Anak saya juga sejak masa MP ASI tuh sampe yang boleh makan apa pun, susahnyaa ampun deh. Jadi pusing kalo kumat acara mogok makannya. Akhirnya harus bikin list nih apa aja yang dia sukai, bagus atau nggak untuk dikonsumsi dan kalopun nggak bisa masaknya, saya harus tau di mana belinya hehehe...

    ReplyDelete
  11. Waktu anakku masih balitas (umur 2-3 thn) syusaaahhh banget makan!
    Solusinya? Ajak ke rumah tetangga :D
    Heran deh, biarpun tetangga cuma masak tempe goreng dan telor dadar, anakku bisa makan di sana :D Duuuhh, padahal emaknya udah pontang/i masakin soto, rawon, dll. ealaaahh :D

    ReplyDelete
  12. Aku belum ada anak, tapi teringat anak-anaknya Mbakku. Yang pertama itu sampai satu tahun gak makan makanan lain. Yang kedua, sudah bisa makan apa saja sekalian ASI. Jadi tiap anak memang beda-beda ya. Kalau tinggal sama mertua atau ortu, kudu samain visi misi dulu biar gak keteteran sama jadwal makan yang sudah kita tentukan

    ReplyDelete
  13. Setiap anak sepertinya pasti ngalami fase susah makan ya. Kalau anak saya dulu andalannnya kalau susah makan tu kentang goreng

    ReplyDelete
  14. dulu bikin stres emang kalo anak ga mau makan. padahal makanan udah sesuai, badan lagi fit, mungkin anaknya pas lagi ga mood. kalo skr sih makan apa aja pasti habis :D

    ReplyDelete
  15. Kedua anakku beda banget, satunya picky Eater, satu lagi segala macam masuk mulut, memang pusing ya kalau anak gtm rasanya mamak stres dan khawatir..kalau sekarang keduanya makannya lahap..Alhamdulillah..

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah sampai hari ini aku belum pernah mengalami anakku susah makan, mak. hihi. Tapi sebaliknya, makannya gampang banget, BAB-nya yang Subhanallah susah banget :(

    ReplyDelete
  17. Anakku yang sulung pernah susah makan dan katanya karena dia pengennya makan nasgor tiap hari. Gara-gara ART yang bikinin tiap hari jadi ketika dia keluar kerja anakku malah kayak kehilangan makanan favoritnya kala malam. Akhirnya aku bilang kalo nggak baik makan nasgor tiap hari, seminggu sekali aja sih gak apa

    ReplyDelete
  18. Pas ngecek si anak susah makan buakn krn sakit atau numbuh gigi, biasanya saya nyobain ubah suasana makan, kyk ajak makan ke luar (dulu sih pas anak2 bayi). Tp kalau gak sakit kdng saya biarkan aja GTM-nya. Ternyata lbh berhasil gtu krn setelah GT< kelar, anaknya makan dengan porsi lbh banyak dr biasanya hehehe

    ReplyDelete
  19. Bikin sedih kalau anak susah makan itu ya Mbak. Saya malah jadi sering menyalahkan diri sendiri karena merasa tidak bisa membuat anak makan banyak.

    ReplyDelete
  20. Ijin i take ilmunya ya for Annasyam she sedang ga suka makan nih. Jadi butuh little rayuan, hahaha kalo mau makan

    ReplyDelete
  21. aku biasanya makan kejadwal kalau ga mau ya wes stop, trus hampir ga pernah ngemil tapi makan xD (di luar makan utama)
    cuma emang gtm ini seyuatu seh kalau dipikir-pikir riweh. tapi pas anakku dah banyakan, jadi lebih santai ngadepin gtm mak

    ReplyDelete
  22. Iya banget, kak.
    Kalau aku udah muter ke menu yang sama, biasanya anak-anak makannya jadi gak lahap tuuh...
    Biasanya aku akalin dengan sesekali beli makan di luar, tapi aku olah lagi dengan bahan yang disukai anak-anak.

    ReplyDelete
  23. Waktu anak-anakku masih kecil, alhamdulillah keduanya lancar-lancar aja kalau makan, nggak susah, dan mau apa aja hingga kini. Tapi permasalahan waktu kecil dulu itu, malah pada susa bab, dan itu cukup bikin aku stress juga, kasian liatnya. Alhamdulillah dibantu teman yang juga bidan, fase-fase itu terlewati

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email