Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khawatir Imun Menurun Karena Kurang Tidur? Inilah "Ritual" Andalan Agar Tetap Fit Dan Aktif Seharian

herbadrink sari jahe


Begadang jangan begadang
Kalau tiada artinya
Begadang boleh saja
Kalau ada perlunya

Lagu "Begadang" yang dipopulerkan oleh raja dangdut Indonesia itu secara tidak langsung memberikan edukasi kepada kita mengenai bahaya begadang. Apalagi ditengah pandemi seperti sekarang ini, penting sekali bagi kita menerapkan pola hidup sehat agar imunitas meningkat dan tubuh bisa lebih kuat melawan virus, kuman dan bakteri. Pola hidup sehat tidak hanya berbicara mengenai makanan yang masuk ke tubuh kita, tapi juga perlu istirahat yang cukup. Lalu, bagaimana jika kita sering begadang? Maksudnya, saya nih yang suka kurang tidur. Hikss…Padahal, penting sekali bagi seorang ibu memiliki sistem imun yang kuat agar tetap bisa mengurus keluarga dengan maksimal.

APA SAJA SIH, BAHAYA BEGADANG?




Dilansir dari situs gooddoctor, begadang tak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik tapi juga mental, lho. 
  • Begadang bisa menyebabkan imunitas menurun, banyak penyakit yang bisa disebabkan karena sering begadang diantaranya mudah terkenal flu hingga meningkatkan resiko jantung, stroke dan diabetes. 
  • Begadang bisa menurunkan fungsi otak. Saat begadang, otak bekerja ekstra sehingga akan menurunkan fungsi otak di keesokan harinya. Jangan heran kalau setelah begadang kamu akan susah fokus dan kesulitan berfikir. 
  • Dalam tubuh kita terdapat dua hormon yaitu leptin dan ghrelin yang berfungsi mengontrol rasa lapar dan kenyang. Leptin bertugas memberi sinyal bahwa tubuh sudah kenyang sementara ghrelin sebaliknya. Ketika begadang, otak akan mengurangi leptin dan meningkatkan ghrelin. Nah, maka dari itu ketika begadang biasanya keinginan untuk makan dan ngemil jadi sangat tinggi. Pejuang berat badan ideal, hindari begadang sekarang juga! ( Iya.. iya saya nih! )
  • Begadang bisa menurunkan gairah seks. Upss.. bagi yang sudah berumah tangga, jangan sering begadang ya! Begadang bisa menurunkan hormon seks sebanyak 10% - 15%. Apalagi pada pria, begadang bisa menurunkan kadar testosterone.
  • Begadang bisa memperburuk kondisi kulit. Mau kulit glowing tapi jam tidur bikin pusing? Jangan mimpi! Begadang bisa menyebabkan masalah kulit diantaranya timbul garis halus, keriput, warna kulit tidak merata dan kulit yang mengendur.

KALAU SUDAH TAHU BAHAYA, KENAPA MASIH SUKA BEGADANG?

Harus saya akui bahwa saya sangat kekurangan jam tidur setelah punya anak. Rasanya masih mending lembur di kantor deh, ada waktunya. Kalau ibu - ibu lain mengeluhkan anaknya susah makan, sepertinya permasalahan terberat saya adalah anak susah tidur. Percaya nggak ibu - ibu, kalau anak saya tergolong JARANG sekali tidur siang semenjak bayi hingga sekarang menuju 3 tahun usianya? Sudah dipastikan saya pun nggak pernah tidur siang, seharian mata selalu ON. Sekalinya tidur siang sebentar, wah begadangnya bisa sampai jam 2 - 3 pagi dan bangun kembali jam 7 - 8 pagi. 

Sebagai super mama ( muji diri sendiri boleh kan? LOL ), meski habis begadang but show must go on! Pagi hari saya harus tetap beraktifitas seperti biasa. Mengerjakan pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci, beres - beres dan mengurus anak yang sedang asyik - asyiknya bermain diluar rumah. 

RAHASIA TETAP FIT DAN AKTIF MESKI SERING BEGADANG

Ada yang samaan nggak sih kalau habis begadang suka pusing, mual, lemas dan kurang bersemangat? Ternyata hal tersebut dipengaruhi oleh sel - sel dalam usus yang menyesuaikan diri kapan ia harus bekerja dan beristirahat namun sel - sel tersebut tidak bisa melihat kondisi diluar sehingga tidak bisa beradaptasi dengan kebiasaan begadang seseorang. Akhirnya, sel - sel dalam usus mengalami kekacauan pola kerja dan bisa menyebabkan masalah pencernaan termasuk perut mual dan kembung. 

Oh ya, setelah begadang WAJIB tidur walau sebentar. Namun terkadang situasi dan kondisi memaksa kita untuk tetap survive di keesokan harinya. Untuk kalian yang sama seperti saya, saya punya “ritual” yang bisa membuat saya lebih fit dan tetap bisa beraktifitas seperti biasa yaitu minum air jahe.




Jahe merupakan rempah yang sering dijadikan bumbu masakan dan bahan obat tradisional sejak ribuan tahun yang lalu. Sebagai bumbu masakan, jahe mengandung zat gizi yang bisa melengkapi nilai gizi pada menu masakan diantaranya karbohidrat, serat, protein, sodium, potasium, zat besi dan vitamin C. Sementara sebagai bahan obat tradisional, jahe mengandung minyak atsiri yang berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, jahe mengandung senyawa kimia aktif yang bersifat anti inflamasi dan antioksidan diantaranya gingerol, beta caroten, capsaicin, asam cafeic, curcumin dan salicilat. Bahkan orang Yunani pertama kali menggunakan jahe sebagai obat herbal untuk mengatasi vertigo, mual - mual dan mabuk perjalanan. 

Minum air jahe sangat efektif bagi saya untuk mengurangi mual, pusing dan perut kembung setelah begadang. Cara membuat air jahe yaitu dengan memasukkan irisan jahe ke panci yang berisi air mendidih dan biarkan beberapa saat lalu siap diminum hangat - hangat. Untuk suami biasanya saya tambahkan gula aren, sementara saya suka air jahe tanpa gula. 

Solusi Praktis Dan Enak Minum Jahe

Pada suatu hari, ketika saya iseng - iseng menjelajah beranda instagram ternyata saya menemukan beberapa postingan review Herbadrink Sari Jahe. Duh, kemana aja ya baru tahu soal Herbadrink? Solusi banget nih buat saya biar nggak repot bikin air rebusan jahe.


Herbadrink Sari Jahe


Jadi, Herbadrink merupakan minuman herbal alami yang diproduksi oleh PT.Konimex. Herbadrink dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia yang diramu menggunakan bahan – bahan rempah pilihan berkualitas. Bukan tanpa alasan PT.Konimex memilih rempah - rempah sebagai bahan utama dalam pembuatan Herbadrink. Rempah - rempah memang sudah terkenal sejak dulu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Maka dari itu PT.Konimex melakukan berbagai penelitian dan pengembangan produk agar masyarakat modern bisa ikut merasakan manfaat dari rempah - rempah tersebut. 

Saya fikir Herbadrink itu cuma ada variant Sari Jahe saja, setelah saya jalan - jalan ke website Herbadrink ternyata variantnya banyak sekali, ada 12 variant yang bisa kita pilih sesuai selera dan kebutuhan.


Herbadrink Sari Jahe


Setelah mengetahui mengenai Herbadrink, saya langsung bergegas ke minimarket untuk membeli Herbadrink tapi ternyata nggak ada, Hiks… Maklum lah rumah saya lumayan jauh dari pusat kota. Akhirnya saya coba cari di beberapa marketplace dan ternyata banyak sekali menjual produk Herbadrink atau bisa langsung ke official storenya Konimex di marketplace dan web Konimex Store. Sebenarnya saya ingin mencoba Herbadrink sari Jahe Sugar Free tapi kebetulan suami suka air jahe yang manis, jadi nggak apa – apa deh saya ikut selera suami dulu. Hihih… Herbadrink ini sangat terjangkau, sekitar 12 ribuan untuk satu box berisi 5 sachet (tergantung tempat pembelian).


Herbadrink Sari Jahe


Setelah paket Herbadrink pesanan saya sampai, saya langsung coba Herbadrink Sari Jahe. Kalau dulu, perlu effort untuk minum air jahe mulai dari ngupas jahe, iris jahe dan menunggu air jahe direbus. Belum lagi kalau jahe yang saya beli kebetulan kualitasnya kurang bagus, duh ngaruh banget ke rasa air rebusan jahenya. Tapi semenjak kenal Herbadrink, mau minum air jahe nggak pakai ribet, cukup larutkan 1 sachet Herbadrink Sari Jahe ke dalam +/- 150 ml air panas atau dingin. Kualitas jahe yang dipakai untuk Herbadrink Sari Jahe tentu saja merupakan jahe dengan kualitas terbaik. By the way, saya suka sekali Herbadrink Sari Jahe yang disajikan hangat. Kalau kalian suka hangat atau dingin nih? 

Untuk rasa dari Herbadrink Sari Jahe ini pokoknya jahe banget, deh! Sensasi hangat yang sampai di tenggorokan memang lumayan strong, tapi karena saya sudah terbiasa minum air jahe jadi masih aman kok. Rasa manisnya lumayan “kenceng” buat saya yang sudah beberapa bulan terakhir mengurangi minuman manis. Tapi menurut suami saya, manisnya pas kok. Plusnya lagi, Herbadrink Sari Jahe ini tanpa endapan jadi saya bisa menikmati secangkir air jahe tanpa terhalang irisan jahenya. Oh ya, saya masih penasaran dengan Herbadrink Sari Jahe Sugar Free. Ada yang sudah coba? 


Herbadrink Sari Jahe


Selain sebagai ritual andalan setelah begadang, Herbadrink Sari Jahe juga cocok sekali diminum di cuaca yang dingin seperti di Maja ini. Sangat membantu saya untuk menghangatkan badan terutama di pagi dan sore hari. Kalau zaman dulu nenek moyang kita menggunakan air rebusan jahe sebagai obat, Herbadrink Sari Jahe juga bisa dibilang P3K andalan dirumah saya terutama untuk suami. Suami saya memang sering bepergian menggunakan motor dengan jarak tempuh yang lumayan jauh. Namanya kembung, masuk angin, sudah jadi teman sejati. Nah, Herbadrink Sari Jahe ini membantu sekali mengurangi gejala masuk angin. Apalagi dikemas dalam kemasan sachet, travel friendly sekali dan selalu saya selipkan di tas suami ketika beliau bepergian. 

Alhamdulillah suami pun nggak keberatan kalau saya bekali Herbadrink Sari Jahe, malah beliau merasa lebih fit setelah sering minum Herbadrink Sari Jahe. Jangan khawatir, aman dikonsumsi setiap hari karena tanpa pengawet. Bahkan dikutip dari kompas.com, rutin minum ekstrak jahe dapat menyembuhkan tukak lambung secara bertahap karena mengurangi produksi gas lambung, meningkatkan fungsi makrofag yang menelan dan membunuh bakteri serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Herbadrink Sari Jahe


Ngomong - ngomong soal kekebalan tubuh, rempah jahe jadi viral semenjak pandemi karena dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. So, Herbadrink Sari Jahe cocok banget dijadikan minuman herbal selama pandemi ini. Kalian sepemikiran nggak sih sama saya, kalau ada cara alami untuk mengatasi keluhan kesehatan kita, kenapa harus minum obat? 

Buat kalian yang suka minum air rebusan jahe juga dan masih menggunakan cara konvensional. Nggak ada salahnya untuk mencoba Herbadrink Sari Jahe, dijamin ketagihan! Ini benar – benar berdasarkan pengalaman pribadi saya yang ketagihan dengan produk Herbadrink, malah ingin mencoba variant lainnya.


Herbadrink Sari Jahe


Itulah sedikit sharing saya tentang ritual andalan agar tetap fit dan aktif. Ingat, tubuh bukan robot! Jadi, selalu kenali sinyal tubuh, ketika lelah maka beristirahatlah. Stay safe, stay health, tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa minum Herbadrink, ya!








Referensi :

www.konimexstore.com

www.herbadrinknatural.com

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4073806/sering-mual-atau-sakit-perut-seharian-tanda-kurang-tidur.

https://www.halodoc.com/artikel/konsumsi-air-rebusan-jahe-apa-manfaatnya

https://health.kompas.com/read/2020/01/09/080000768/4-cara-agar-tubuh-tetap-segar-dan-fokus-setelah-begadang?page=all.




26 comments for "Khawatir Imun Menurun Karena Kurang Tidur? Inilah "Ritual" Andalan Agar Tetap Fit Dan Aktif Seharian"

  1. Herbadrink yang berbahan rempah tradisional memang pas jika jadi penunjang imun yang menurun supaya kita fit dan aktif lagi ya..Praktis dan ekonomis ini. Dengan pilihan varian membuat kita jadi mudah mendapatkan khasiat rempah.

    ReplyDelete
  2. ooo jadi begitu ya, pantesan kalau pas begadang emang saya bawaannya laper aja. Ujung-ujungnya masak mie instan deh, karena udah malam nggak ada lagi nasi maupun camilan.

    Saya sudah cobain herbadrink yang temu lawak, kunyit asam sama sari jahe mbak

    ReplyDelete
  3. Jadi pen nyanyi lagu bgadang inii, atulah mbaa.
    Dulu jamannya mash awal2 ngeblog dan kerja onlen bgadang dah rutinnits, tapi happy.
    Tapi udah 5 tahunan ini, mulai dikurangi karena emang ga baik buat kesehatan, sesekali aja kalo ada artinyaa. hahaa..

    ReplyDelete
  4. Herbadrink Sari Jahe ternyata bisa emmbantu meningkatkan imunitas tubuh kita ya. Kandungan herbalnya oke banget. Aku nih masih demen begadang, eh anak2ku juga nih apalagi gara2 PJJ yang tugasnya bejibun. Ntar aku mau menikmati Herbadrink lagi ah siapa tau bisa bobo lebih cepet :D

    ReplyDelete
  5. aku nyetok yg herbadrink sari jahe ini mbaaa
    rasanya suegeerrr dan praktis banget
    mantuulll buat jaga kesehatan

    ReplyDelete
  6. Baru tahu ada yang sugar freenya, Jadi pengin cobain. Lumayan nih buat malem, apalagi sudah masuk musim hujan, anget pasti di perut.

    ReplyDelete
  7. Aku banget tuh masih suka begadang nonton drama Korea hahaha
    Harus dikurang-kurangin nih, supaya kesehatan tetap terjaga.
    Pengen cobain juga nih Herbadrink Sari Jahe, kayaknya seger deh

    ReplyDelete
  8. Saya suka begadang mbak, tapi gak sering, hanya kalo ada pekerjaan yang memang dituntut untuk dituntaskan hingga malam hari. Saya Mensiasatinya dengan minum kopi untuk menghilangkan kantuk.

    Nanti saya coba HerbaDrink Sari Jahe untuk menjaga stamina tubuh, sepertinya cocok untuk mengganti kopi bagi orang yang sudah cukup umur seperti saya, hehee...

    ReplyDelete
  9. Memjaga imunitas tubuh dengan minum sari herbal kayak gini perlu juga lho ya.

    Apalagi merk Herbadrink yang udah terbukti khasiatnya.

    ReplyDelete
  10. Kalau lagi mudik ke rumah ibu, aku rajin minum air jahe karena ibu buat setiap hari. Tapi kalau di rantau gini suka malas geprek jahe tiap hari. Emang lebih enak dan praktis kalau minum herbadrink aja ya. Tinggal seduh, beres. kHasiatnya juga sama.

    ReplyDelete
  11. Herbadrink ini minuman tradisional kesukaanku mba. Varian apaaa aja aku udah nyoba semua. Sari Jahe adalah salah satu yang aku suka. Selain enak pas diminum, khasiatnya loohh... berderet-deret kan sesuai yang ditulis di atas tadi.

    ReplyDelete
  12. Daku selalu nyetok nih herbadrink yg varian jahe.
    sukaakk banget ama segernya, dan gulanya juga ngga over
    makin mantab jiwa dah

    ReplyDelete
  13. Kalau saya memang sudah mulai rutin setiap pagi minum air jahe hangat. Bikin sendiri walau agak ribet tapi yaudah gpp demi kesehatan.

    ReplyDelete
  14. air jahe the best deh buat menghangatkan tubuh, lebih dari itu manfaat buat kesehatan juga luarbiasa

    ReplyDelete
  15. Enak banget memang herbadrink jahe ngga usah capek geprek dan seduh jahe tinggal minum, seger dan anget badannya...tidur lebih nyenyak...

    ReplyDelete
  16. Herbadrink andalan saya juga nih mbak, cocok bikin minuman hangat sari jahenya.

    Soal begadang nih susah banget dihindari apalagi kalau ngejar deadline mbak ahahaha. Padahal kalau manajemen waktunya bener sebenarnya bisa aja dihindari #ehhh

    ReplyDelete
  17. duhh aku sukanya begadang ni mbak..
    btw klo herbadrink ini aku sudah nyoba berbagai variasinya mbak..
    favoritku ya yg sari jahe

    ReplyDelete
  18. Semenjak jadi emak baru, saya juga jadi kurang tidur. Bener banget, imunitas tubuh menurun sampai saya drop. Saya jadinya juga mengonsumsi jahe buat ngembalikan imunitas tubuh.

    Kayaknya perlu yang gak ribet, jadi minum sari jahe dari Herbadrink aja, ya.

    ReplyDelete
  19. Iya sih kalo begadang bikin mulut pengen ngemil. Dan biasanya aku bikin wedang jahe biar mata melek. Suamiku yang gak begadang pun suka kalo dibuatkan wedang Jahe ini. Sedia selalu kalo belanja bulanan pasti Herbadrink Wedang Jahe ini masuk keranjang belanjaan, Mba

    ReplyDelete
  20. Aaaaa, pas banget di Solo beberapa hari ini hujan terus dan bikin udaranya dingin. Sepertinya harus nyetok Herbadrink Sari Jahe juga nih, biar tubuh tetap hangat.

    ReplyDelete
  21. Aku juga suka herbadrink jahe. Enak buat diminum pas musim hujan kayak sekarang. Badannya jadi anget

    ReplyDelete
  22. Iya..
    Semakin begadang, semakin terasa lapar.
    Kalau gak dikasih makan malah gak bisa tidur nyenyak.

    Duh...dilema.
    Tapi kalau soal minuman sehat, Herbadrink uda jadi langganan banget.

    ReplyDelete
  23. Saya juga suka banget dengan wedang jahe. Apalagi ditambah susu segar. Ampuh atasi radang tenggorokan.

    ReplyDelete
  24. Saya konsumsi Herbadrink Jahe yang Less sugar sejak 2 tahun yang lalu. Kalau musim hujan, minuman ini jadi andalan saya saat butuh yang hangat2. Kadang tak bikin ronde, kadang juga cuma diminum begitu aja, hehe. Pokok udah cocok sama lidahku.

    ReplyDelete
  25. Kurang tidur beneran ngaruh banget Mak sekarang sama kondisi fisikku. Karena aku suka begadang tapi tetep dituntut buat bangun pagi, aku jadi ga sadar kalo akumulasi dari kebiasaan ini bisa bawa petaka di kemudian hari. Beneran dooong, aku kena lower back pain karena tensi tinggi yang disebabkan oleh pola makan dan istirahat yang nggak teratur. Kapok Maaaaak kapoook :(((

    ReplyDelete
  26. Udah pernah coba temulawak, aloevera, sama jahe. Tapi paling sering sih jahe ...Bikim seger ke badan

    ReplyDelete

Berlangganan via Email