Jangan Mimpi Dapat Uang Dari Ngeblog!

JANGAN MIMPI DAPAT UANG DARI NGEBLOG

Setiap orang pasti bisa menulis dan setiap orang berhak untuk punya hobi menulis, termasuk saya. Ya, terlepas tulisan saya sangat sederhana bahkan acak - acakan, maklum saja karena saya bukan penulis. Bagi saya, menulis merupakan salah satu bentuk self healing apalagi ketika kesal dan marah. Semua rasa kesal pasti tercurah lewat tulisan.

Kalau penulis, mereka menulis kemudian menerbitkan buku. Lah, saya yang bukan siapa - siapa menulis dimana dan untuk siapa? Jawabannya adalah menulis diblog pribadi. By the way blogger favorit saya dulu adalah Dwi Larasati Putri, pokoknya sering banget mampir ke blog beliau karena hijab dan style fashion yang beliau pakai begitu hits pada zamannya. Hahahha… Kalau blog yang selalu saya kunjungi untuk mencari review make up dan skincare ya Racun Warna Warni. hahaha…

Jujur, dari pertama mengenal blog nggak pernah kebayang apa - apa. Pokoknya nulis diblog, udah gitu aja. Kalau sekarang selain sebagai tempat saya belajar menulis, saya juga punya mimpi agar bisa mendapatkan "sesuatu" dari ngeblog. Sesuatu disini luas sekali maknanya, bisa prestasi, bisa juga kepuasan sendiri dan nggak dipungkiri saya juga ingin bisa dapat uang dari ngeblog. Intinya, saya ingin lebih produktif dengan ngeblog seperti pernah saya tulis disini bahwa produktif nggak melulu soal uang.

Oke, saya mau cerita sedikit dulu tentang fase - fase ngeblog saya dari dulu hingga sekarang.

Fase fase Ngeblog Dari Dulu Sampai Sekarang

a. Awal Mengenal Blog

Saya mulai mengenal blog ketika SMA sekitar tahun 2008. Pada waktu itu saya dan teman saya ditunjuk oleh sekolah untuk mengikuti blog competition antar SMA se - kabupaten Majalengka. Dibawah bimbingan guru TIK saya Heru Ruhanda, saya mulai mengenal blog dari 0. Menang? Tentu saja kalah dan boro - boro dapat uang dari ngeblog yang ada saya malu.hihihi…. Saya malu karena tidak bisa maksimal mengikuti lomba, maklum saja saat itu saya benar - benar baru mengenal blog padahal materi yang dilombakan adalah membuat blog di blogger mulai dari 0. Kalau dilakukan sekarang, nggak sesulit pada waktu itu. Hahaha

b. Ngeblog Sambil Kuliah

Setelah lulus SMA pada tahun 2010, saya melanjutkan pendidikan di salah satu universitas swasta di kota saya dan mengambil jurusan Agribisnis. Untuk mengisi waktu luang saya mencoba menulis diblog, apapun itu. Bahkan saya punya beberapa blog yang isinya nggak seberapa banyak. Pada waktu itu saya benar  - benar hanya paham membuat postingan diblog dan mengganti tema dengan tema bawaan blogger. Saya belum paham bagaimana merubah tampilan blog, membuat tulisan yang baik apalagi SEO. Tapi, saya sudah sering baca tentang bagaimana orang - orang bisa dapat  uang dari ngeblog.

c. Ngeblog Sambil Kerja

Setelah lulus kuliah saya langsung bekerja di distributor operator seluler. Di sela - sela waktu luang bekerja saya selalu menulis. Saya masih menulis tanpa irama yang jelas. Pokoknya pada saat ingin menulis, saya akan tuangkan itu kedalam postingan blog. Pada saat itu saya mulai kenal domain, template blog premium, SEO dan berbagai istilah blogging lainnya. Semua itu saya pelajari sendiri, hasil baca - baca tutorial dari om google. Paham? Sedikit sih, seringnya saya pusing! Hahahaha. Tapi, dengan tulisan saya yang acak - acakan dan sangat apa adanya ternyata ada salah satu postingan saya yang masih ramai pengunjung sampai sekarang, yaitu tentang Cara Berhenti Berlangganan Kartu Halo. Kadang saya suka geli sendiri kalau baca postingan itu.

Sambil bekerja, saya juga merintis online shop dan sudah mencoba beli beberapa domain untuk produk yang saya jual. Hasilnya alhamdulillah bisa nambah - nambah uang saku. Tapi, pada saat itu memang fokus utama saya adalah bekerja. Jadi, ngeblog dan online shop nggak seserius blogger lain yang mungkin sekarang sudah bisa mendapatkan uang dari ngeblog. Padahal saat itu secara nggak sadar, saat itu saya sudah bisa dapat uang dari ngeblog lewat online shop saya ya kan? 

d. Ngeblog Setelah Resign Dan Menjadi Ibu Rumah Tangga

Menjelang resign sebagai pekerja karena akan melahirkan dan fokus mengurus anak, saya mulai kefikiran untuk fokus ngeblog. Nggak tahu deh pokoknya baru kefikiran aja sampai banyak postingan diblog saya yang cukup alay saya hapus. Ya, pengen aja gitu filter postingan. Kemudian saya  diingatkan oleh sesama teman online shop yang kebetulan bantu membuat landing page untuk online shop saya dulu, beliau memang saya berikan akses untuk membuka blog saya. Dia seperti heran dan kaget melihat pengunjung blog yang lumayan banyak. Mungkin beliau heran karena dengan konten blog yang ala kadarnya itu pengunjungnya banyak juga dan beliau menyarankan untuk daftar google adsense. By the way, jangan bandingkan jumlah pengunjung saya dengan para blogger lain, sudah pasti jauh perbedaannya. Hihiihihi

Iseng iseng daftar google adsense dan ternyata diterima juga lho gaes!

Sudah Dapat Uang Dari Ngeblog, Belum?

                                     JANGAN MIMPI DAPAT UANG DARI NGEBLOG

Ketika mendengar google adsense, sebagian orang pasti langsung membayangkan gurih - gurih nyoy dapat uang dari ngeblog dan gajian tiap bulan dari mbah google. Itu pun jadi salah satu mimpi terbesar saya. Tapi, untuk sampai kesana memang nggak semudah membalikkan telapak tangan. Kalau ditanya sudah dapat uang dari ngeblog? Jawabannya sudah, contoh nyata adalah saldo google adsense saya yang saya pun malu untuk menyebutkannya. Hahhaha.. Selain itu, dulu pun saya pernah diajak kerjasama oleh salah satu aplikasi kesehatan untuk tanam backlink mereka di postingan blog saya. Ya, kebetulan aja sih itu adik kelas saya kerja di aplikasi tersebut. Hihihihi… Lumayan lah bisa buat beli pulsa.

Beberapa waktu yang lalu saya pun pernah dikontak melalui email entah sengaja atau random by system oleh salah satu brand skincare untuk kerjasama. Kami sempat balas – balasan email mengenai bentuk kerjasama dan penawaran harga. Namun surat menyurat elektronik itu ternyata berhenti setelah pihak mereka meminta laporan google search console saya. Wah, pasti blog saya belum sesuai standar mereka. Hehhehe

Sedih? Nggak! Justru saya jadikan motivasi untuk terus belajar menulis diblog. Sering – sering berkunjung ke blog – blog senior juga salah satu cara untuk menambah wawasan saya dalam dunia blogging. Sekarang, saya nggak pernah kefikiran dulu dapat uang dari ngeblog. Eh, kefikiran sih sebenarnya tapi nggak jadi goal utama.

Semakin sering berkunjung ke blog - blog senior, saya malah semakin merasa “receh” tulisan saya dan wajar saja jika belum ada yang melirik saya. Kalau kata mak Indah sih, semakin receh tulisan kita maka akan dibayar receh pula.

Baiklah, sekarang saya akan fokus belajar membuat konten blog yang baik dulu. Memperdalam ilmu blogging juga dan konsisten yang paling penting. Maklum lah sebagai IRT yang punya balita, mood ngeblog saya sering naik turun. Jadi, saat ini saya sering sounding ke diri saya sendiri untuk “Jangan Mimpi Dapat Uang Dari Ngeblog” karena PR saya untuk belajar masih banyak. Soal rezeki dari ngeblog, saya yakin Allah sudah tahu kapan waktu yang tepat.

JANGAN MIMPI DAPAT UANG DARI NGEBLOG
Yuk, yang mau sharing pengalamannya ngeblog boleh tulis dikomen ya!



31 comments

  1. Wah. Hebat. Mbak Susi udah lama banget ngeblog yah. Konsisten loh.
    Nah malah kalau kita ngeblog dengan motivasi uang (semata), kita jadi makin gak konsisten sih menurutku, karena gak gampang juga dapet uang dari blog haha. Bisa-bisa patah semangat duluan. Itulah kenapa aku enggak tertarik apply adsense. Karena aku mau fokus naikin pageviews & traffic dulu, dengan cara menulis artikel berkualitas supaya bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lama sih lama, mbak. Tapi justru konsistensiku nggak sehebat tmnn2 blogger lain huhu.. dan skr aku banyak belajar dr blogger lain mbak :)

      Delete
  2. Terus semangat ya, Mbak..saya ngeblog hampir 4 tahun, sekitar 2 tahun terakhir aktifnya.
    Alhamdulillah sudah dapat cuan meski itu bukan awal tujuan. Tapi kalau bisa buat nambah uang jajan kan lumayan. Yang utama nulis dulu, konsisten ...Insya Allah hasil akan mengikuti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Dian, aku salah satu followersmu mbak :) Ngikutin di IG, dimana2 gilee aktif banget nulisnya :) Aku masih belajar banget nih utk konsisten nulis, tapi motivasiku ada BW di grup. Jadi, tiap jadwal BW aku harus ikut yang artinya aku harus selalu menulis :)

      Delete
  3. Menurutku enggak ada konten yang buruk. Mungkin cuma konten lain yang lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Yang dibutuhkan dari nge-blog untuk mendapatkan uang ya keseriusan dan konsistensi ya mba..Dan terus upgrade skill...Masih belajar nih saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, konsistensinya yang masih maju mundur :D

      Delete
  5. Kalau dulu aku ngeblog untuk curhat doang, kebetulan waktu itu program hamil dan rasanya ingin ku tuangkan perjalananku saat program itu. Eh ternyata malah jadi ku seriusin semenjak memutuskan untuk berhenti bekerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaan, baru kefikiran serius sekarang nih mbak chiechie :)

      Delete
  6. Sama dng awal mengenal blog tahun 2008 waktu itu udah punya anak 1 :-D
    Iseng aja awalnya di rumah gak ngapa-ngapain.
    Ternyata anak kuliah juga ada tugas membuat blognya tau dari teman yang kuliah minta diajarkan buat blog.
    Google Adsense beum pernah ngulik nih padahal udah lama juga daftarnya

    ReplyDelete
  7. Aku ngeblog sejak 1026 Oktober jadi hitungannya masih baru :) Tapi aku udah join grup2 neulis sejak 2011 dan punya beberapa buku bersama. ALhamdulillaah dari ngeblog aku bahagia bisa berbagi dan ternyata dapat pundi2 yang ga disangka2 :D

    ReplyDelete
  8. Mbaa, aku percaya bahwa apapun membutuhkan proses ya. Termasuk untuk ngeblog. Btw aku langsung dapat info juga dari tulisan mba untuk menghentikan langganan kartu halo itu :)

    ReplyDelete
  9. Semangat terus belajar :)
    Saya juga banyak PR nih, yang paling bikin penasaran tuh google adsense, misterius banget, hihihi...

    ReplyDelete
  10. alasan aku optimasi blog karena dikompor-komporin sama temen satu kantor, dari situ aku gabung banyak komunitas dan banyak belajar terkait blogging

    ReplyDelete
  11. Wah, udah lama juga ngeblog. Saya bener-bener serius ngeblog baru tahun 2017. Dulu bikin buat bisnis aja, jadi semacam buat naruh landing page gitu. Awal ngeblog lgs gaspol buat ngelomba, keke. Kalau skrg lelah, jadi lebih banyak buat curhat sama suka2 aja.

    ReplyDelete
  12. Haha bener2 buat yang udah ngeblog lama konten berubah seiring kondisi orgnya, pas zaman gadis tulisannya gmn, pas jd emak2 beda lagi.
    Eamng sesuai zamannya sih.
    Skrng jg blogging bekembang pesat, kalau mau blognya menghasilkan materi/ uang ya wajib upgrade ilmu bloggingnya ya hehe

    ReplyDelete
  13. Wahh mbak susi ngeblog dari kuliah?
    Salam hormat sunbae...
    Aku baru 3 thn ini mbak ngeblognya, alhamdulillah bs jadi profesi juga blogger ini

    ReplyDelete
  14. Saya juga udah daftar google adsense tapi belum menghasilkan hihihi. Berarti harus lebih rajin lagi bikin konten yang baik dan bermanfaat ya, Mbak, biar bisa menghasilkan uang dari blog.

    ReplyDelete
  15. biasanya justru dari yang gagal-gagal kerjasama itu justru bikin blog kita makin bagus lagi ya mbak, semangat mba

    ReplyDelete
  16. Ngeblog mulai jaman kuliah sebenarnya...trus sempat gak ngeblog beberapa tahun..mulai lagi 2013 pake blog gratisan...sekarang ya Alhamdulillah sih..udah bisa jadi salah satu ATM hihihi

    ReplyDelete
  17. Wow itu detail banget sampai minta laporan google search console. Kira-kira mau diapain ya mbak? Mau lihat traffic blog yang organik?

    ReplyDelete
  18. Ngeblog sejak tahun 2009, awalnya ya hanya nulis aja. Kebanyakan sih curhat haha. Alhamdulillah sejak gabung di berbagai komunitas blogger jadi banyak sekali ilmu yang di dapat, alhamdulillah bonus dapet uang belanja

    ReplyDelete
  19. Sy ngeblog dr 2018 mba. Dulu cm rerecehan di diary aja. Awal ngeblog itu rame. Tulisan ngalir, ngalor ngidul bebas. Pas udah tau komunitas blogger, udah tau job, udah tau DA PA sy memperbaiki kualitas tulisan. Kemudian entah knp malas n insecure itu kadang sering datang ktk melihat tulisan orang lain. Tp Tuhan itu baik, rs insecure itu dibalas dg bbrp kemenangan lomba hny dr tulisan receh curhat biasa n tawaran job. Kadang disitu semangat datang lg.

    ReplyDelete
  20. Hehe, jadi keingetan masa-masa awal ngeblog. Tahun 2008. Waktu itu sekadar tempat-tempat curhat aja. Baru kenal uang dari ngeblog itu di tahun 2013. Setelah 5 tahun ngeblog. Itu pun dari lomba. Baru deh setelah itu bisa dapet uang dari review. Rutin hingga hari ini. Walopun nominalnya gak tetap. Asal tekun nulis, banyak networking, rajin BW, dan bagusin konten dan teknik nulisnya, rezeki dari ngeblog pasti menghampiri. :)

    ReplyDelete
  21. Gak nyangka menulis bisa menjadi ladang rejeki yaa, kak Susi.
    Aku yang tadinya hanya tau, menulis adalah sarana untuk berbagi ilmu seminar parenting yang aku ikuti selama ini.

    ReplyDelete
  22. Aku baru saja BW di artikel baru blog mba Eno, seorang blogger yang punya impian ingin tinggal di Bali dan Jeju Island Korea, pemilik www.creameno.com, yang isinya aku suka banget!

    Doi mengutip pernyataan sahabat blogger lainnya, mas Anton, pemilik www.maniakmenulis.com, yaitu:

    " ... blogger itu tidak ada salah benarnya, mau tulisan penuh komplikasi atau simpel, organik atau berbayar, lanjutkan!"

    Setiap orang punya "versi benar!"

    Begitulah.

    ... dan aku setuju banget!

    Semangat ngeblog mba!
    Yuhuuu...!

    ReplyDelete
  23. Saya dulu ngeblog karena suka menceritakan pengalaman saya. Nggak ada bayangan blog dapat menghasilkan rejeki. Namun karena saya tidak sengaja gabung di komunitas blogger Jogja, jadilah saya belajar banyak tentang seluk beluk blogging. Dan jadi tahu ngeblog bisa menghasilkan cuan..hihi...

    ReplyDelete

  24. well, yes, if the purpose of the blog is for money, you can hurt yourself if you don't get money. But if the money is used as an effect of blogging, I think it will be better

    ReplyDelete
  25. Luar biasa ya Mba Sus tidak ada yang bisa mwnduga ngeblog bisa ngasilin rupiah. Semangat

    ReplyDelete