First Time Mengolah Kerang Dara, Inilah Resep Kerang Saus Tiram Simpel Ala Mamah Anggun


Sebagai seseorang yang sangat menyukai sayuran dan tidak terlalu suka dengan masakan berbau amis seperti olahan seafood, mengolah seafood merupakan sesuatu yang sangat jarang saya lakukan. Kemarin, untuk pertama kalinya saya mencoba mengolah kerang dara. Sebenarnya saya tidak yakin untuk mengolah kerang dara, apalagi kerang dara yang saya beli benar – benar belum melalui proses pengolahan apapun termasuk dibersihkan dan direbus. Meski tidak yakin tapi saya coba untuk mengolahnya berbekal resep dari aplikasi resep masakan serta bertanya kepada ibu saya.

Meski jarang sekali mengolah seafood, tapi kalau mencicipi menu seafood sih pernah dan sepertinya bumbu yang cukup familiar dan “nyambung” untuk seafood itu saus tiram. Tapi, saus tiram saja kurang deh sepertinya perlu ada rasa pedas dan manis untuk menyeimbangkan rasa amis dari daging seafood yang cukup strong dilidahku yang kurang suka dengan olahan seafood ini. Oke, berbekal resep dari aplikasi masakan saya coba cek ketersediaan bahan dan ternyata ready semua kecuali saus sambal dan saus tomat. Baiklah, untuk saus sambal dan saus tomat coba saya ganti dengan tomat dan cabe asli.

Langkah awal untuk mengolah kerang dara yang saya lakukan adalah membersihkan kerang dara sebersih mungkin. Ibu saya mengatakan bahwa untuk mengolah kerang dara perlu direndam terlebih dahulu kurang lebih semalaman untuk memastikan kerang dara benar – benar bersih. Wah, tapi saya kan mau masak kerang daranya sekarang? Oke berarti saya harus membersihkan kerang dara ini berkali – kali sampai bersih bahkan beberapa resep yang saya baca menyarankan untuk menyikat kerangnya satu persatu. Karena saya sangat takut kerang yang akan saya olah tidak bersih maka saya coba ikuti tips tersebut. Saya bilas kerang hingga kurang lebih 10 bilasan sampai air bilasan jernih, kemudian saya sikat kerangnya ( untung cuma setengah kilogram, kan? ) dan saya rebus. Setelah saya rebus kemudian saya bilas kembali kerang dan dibersihkan di air mengalir. Kerang dara yang bersih dan sudah direbus siap untuk diolah, berikut bahan dan cara memasak kerang dara ala mamah Anggun.

Bahan – bahan :
1. Kerang dara
2. Wortel ( boleh skip )
3. Bawang putih
4. Saus tiram
5. Kecap manis
6. Tomat
7. Cabe merah
8. Daun salam
9. Daun jeruk
10. Sereh
11. Lengkuas
12. Jahe

Cara membuat :
1. Rebus kerang di air mendidih kemudian beri garam, daun jeruk, daun salam dan sereh hingga cangkang terbuka.
2. Saya tidak berhasil merebus hingga cangkang terbuka sempurna, akhirnya saya coba buka satu persatu setelah direbus sambil kembali dicuci diair mengalir seperti saya sebutkan diatas.
3. Rebus wortel yang sudah dicuci bersih dan dipotong kecil memanjang.
4. Cincang halus bawang putih, iris cabe merah, tomat dan jahe kemudian tumis hingga harum.
5. Setelah harum, beri air secukupnya hingga kerang dan wortel terendam.
6. Masukkan daun jeruk, lengkuas, salam dan sereh.
7. Masukkan 2 sendok makan tepung maizena yang sudah dilarutkan ke air kemudian aduk hingga merata dengan bumbu.
8. Masukkan kerang dan wortel, aduk perlahan kemudian tutup dengan tutup panci agar bumbu meresap. Aduk sesekali perlahan, saat dirasa sudah pas dan agak menyusut kemudian beri kecap manis.
9. Kerang dara saus tiram siap disajikan.

Setelah kerang dara saus tiram dicicipi oleh suami saya alhamdulillah beliau suka dengan masakan saya. Tapi jujur ya, kalau bisa memilih sepertinya saya tidak mau mengolah kerang dara lagi. Hihihi… Point penting dalam mengolah kerang dara adalah pada saat membersihkan kerang dara. Saya pernah mendengar beberapa kasus orang yang keracunan makan seafood dan salah satu penyebabnya bisa jadi karena proses pembersihan yang kurang maksimal, benarkah? Yuk yang lebih berpengalaman dalam mengolah kerang dara boleh share, ya!

No comments