Resep Sambal Kurma Ala Dr Zaidul Akbar, Praktis dan Sehat Lho

     
resep sambal kurma dr zaidul akbar

     
Dua bulan terakhir saya memang sedang berusaha menerapkan pola hidup sehat, mungkin secara simpelnya orang – orang bilang sedang diet. Tapi menurut saya ya ini pola hidup sehat bukan diet. Ketika diet maka biasanya penurunan berat badan yang menjadi goal utama. Namun saat pola hidup sehat yang diterapkan maka sehat yang menjadi goal utama, langsing ya bonusnya. Alasan terkuat saya ingin menjalani pola hidup sehat adalah karena saya sadar semenjak hamil pola makan saya cukup berantakkan. Saat memasuki masa – masa kehamilan yang rewel dan sering muntah, makanan apa saja yang bisa masuk tanpa mual ya saya makan. Setelah melahirkan lebih parah lagi, idealnya ibu menyusui haruslah memperhatikan asupan gizi namun saya malah sebaliknya. Kopi, mie instan dan cemilan – cemilan pun selalu menjadi makanan sehari – hari saya. Alasannya kan lagi menyusui harus banyak makan, iya sih tapi yang saya makan apa?

        Banyak sekali metode diet dipakai oleh beberapa public figure namun saya merasa paling cocok dengan metode diet dewi hughes dan dr zaidul akbar, karena menurut saya metode diet mereka adalah yang paling masuk akal. Nah kali ini saya akan share resep sambel kurma ala dr zaidul akbar yang sangat mudah untuk dibuat. Akhir – akhir ini di sosial media banyak sekali yang share mengenai resep – resep dr zaidul akbar termasuk resep sambal kurma ala dr zaidul akbar ini. Namun resep ini sudah saya modifikasi sesuai dengan stok bahan yang saya punya ya, namun kunci dari sambal ini tidak menggunakan gula tapi diganti dengan kurma. Pecinta sambal yang sedang menerapkan pola hidup sehat wajib coba sambal kurma ala dr Zaidul Akbar ini ya, berikut resepnya.



Bahan – bahan :


  1. Cabe rawit
  2. Kurma
  3. Sejumput garam ( saya pakai garam meja biasa karena tidak punya stok garam Himalaya )
Cara membuat :
  1. Cuci bersih cabe rawit
  2. Ulek bersama sejumput garam dan satu buah kurma sukkari
  3. Sambal kurma ala dr Zaidul Akbar siap disajikan dengan sayur yang sudah dikukus atau direbus
       Nah sangat praktis kan membuat sambal kurma ala dr Zaidul Akbar ini? Saya memang sengaja membuat versi mentah karena sedang ingin makan sambal matah dadakan. Silahkan modifikasi resep sambal kurma ala dr Zaidul Akbar ini boleh ditambah bawang, cabe merah atau tomat. Boleh juga dibuat versi matah atau bahan – bahan sambal ala dr Zaidul Akbar ini dikukus terlebih dahulu. Kunci dari sambal ini adalah mengganti gula dengan kurma.


       Lalu bagaimana dengan rasanya? Jika dibandingkan dengan sambal yang digoreng dan kaya akan bumbu penyedap pastinya sambal kurma ala dr Zaidul Akbar ini rasanya memang jauh lebih sederhana. Hanya ada rasa pedas dan manis dari kurma. Tapi buat saya yang akhir – akhir ini sudah sedikit mengurangi makanan yang enak – enak, ini sih sudah enak sekali.
       By the way saya pakai kurma jenis sukkari ya, teksturnya memang sangat lembut di lidah dan ketika diulek pun ini mudah sekali lumer. Bagi yang ingin memesan kurma bisa langsung ke. Tidak usah repot – repot ke pasar ya karena ini sudah diantar sampai ke depan rumah dan free ongkir loh, banyak juga jenis kurma lain yang dijual jadi tinggal sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

No comments