Resep Seblak ( Agak ) Sehat Ala Mamak Anggun


       Seblak, makanan rakyat nan menggoda ini memang sudah dikenal banyak orang dan memang rasa seblak yang pedas ini bisa masuk disemua kalangan. Dulu seblak merupakan makanan rumahan biasa yang kemudian banyak dijual oleh pedagang kaki lima hingga sekarang banyak resto – resto yang menyajikan menu seblak dengan berbagai variasinya. Ya, dulu saya mengenal seblak hanya kerupuk yang dimasak dengan bumbu pedas tapi sekarang seblak sudah banyak sekali variasinya mulai dari ditambah mie, sayur, baso, seafood dan lain – lain.
          Sebagai seseorang yang sedang kembali berproses menerapkan pola hidup sehat tapi memang tidak bisa sepenuhnya meninggalkan seblak, rasanya ada yang kurang gitu kalau tidak makan yang pedas – pedas. Akhirnya saya modifikasi sedemikian rupa agar saya bisa menikmati seblak ( agak ) sehat dengan tetap enak dan mantap.

Bahan – bahan :
  1. Telur
  2. Kol
  3. Cabe rawit
  4. Bawang putih
  5. Kencur
  6. Daun jeruk dan jeruk nipis
  7. Gula tropicana slim
Cara Membuat :
  1. Ulek bawang putih, cabe rawit dan kencur, beri sedikit garam dan penguat rasa.
  2. Tumis bumbu halus tadi dengan sedikit minyak lalu masukkan telur dan orak arik. Karena minyak memang sedikit, hati – hati bumbu akan cepat gosong dan telur pasti masih mentah. Maka dari itu langsung beri air dan biarkan proses pematangan bumbu dan telur dengan air tadi. Biarkan hingga mendidih dan harum serta bau amis telur sudah tidak tercium.
  3. Setelah mendidih masukkan kol yang sudah dicincang. Sayuran boleh diganti sesuai selera ya, kebetulan dirumah ada stok kol jadi untuk sayurnya saya pakai kol saja.
  4. Masukkan daun jeruk dan setengah sachet gula tropicana slim sambil koreksi rasa.
  5. Aduk – aduk hingga air menyusut jika ingin dibuat seblak kering, kebetulan kali ini saya sedang ingin makan seblak kuah jadi saya buat lebih berkuah.
  6. Setelah matang lalu beri perasan air jeruk nipis.
  7. Seblak ( agak ) sehat siap disajikan.
       Jujur saya sampai ketagihan bikin seblak yang isinya Cuma sayur dan telur ini. Rasanya tetap enak meski tidak terlalu asin, pedas tapi ringan karena yang saya makan memang sayur. Tidak seperti seblak pada umumnya yang isi kerupuk, mie, kwetiau dan lain – lain. So, buat kamu yang sedang menjalani pola hidup sehat tapi tetap ngiler ingin makan seblak silahkan coba resep seblak enak dan (agak) sehat ala aku ya. Semoga bermanfaat.

No comments