Resep Sup Ayam Untuk Anak, Ayah Bunda Juga Pasti Suka


Resep sup merupakan salah satu resep masakan yang praktis dan mudah, bahkan menurut saya sup merupakan menu penolong disaat saya repot atau malas masak karena cukup cemplung bahan - bahan dan saya bisa sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.
Kali ini saya akan resep share sup ayam favorit anak saya yang sebentar lagi usianya genap 24 tahun. Bahan - bahannya sudah pasti murah dan mudah didapat. Berikut bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat sup ayam untuk anak saya :


1. Sayap ayam
2. Kentang
3. Wortel
4. Tahu Kuning
5. Bawang merah dan putih
6. Bawang daun dan seledri

Cara membuat :
1. Cuci bersih sayap ayam lalu rebus dengan daun salam dan sereh hingga cukup empuk. Saya biasa rebus beberapa sayap ayam untuk kemudian saya masukkan freezer.
2. Iris tipis wortel dan rebus sebentar untuk menghilangkan bau langu khas wortel.
3. Didihkan air untuk membuat sup dan setelah mendidih masukkan sayap yang sudah direbus sebelumnya.
4. Masukkan kentang yang sudah dipotong - potong.
5. Iris tipis bawang merah dan putih kemudian goreng sebentar. Biasanya saya ulek bawang tapi karena sekarang ingin lebih praktis saja jadi hanya saya iris tipis dan goreng.
6. Masukkan bawang yang sudah digoreng, garam, penyedap rasa, penguat rasa dan merica sesuai selera.
7. Masukkan tahu kuning yang sudah dipotong segitiga dan wortel.
8. Masukkan daun bawang dan seledri.
9. Sup ayam siap disajikan.

Resep sup ayam sehat ini juga bisa jadi solusi saat anak GTM ( gerakan tutup mulut ) karena tumbuh gigi. Biasanya saat anak GTM, anak menolak makan nasi dan menyukai makanan yang lebih lembek karena lebih mudah dikunyah. Nah, sup ayam ini sudah lengkap dari mulai karbo, protein hewani, protein nabati dan sayur. Alasan saya memilih sayap ayam untuk protein hewaninya karena sayap ayam punya tekstur daging yang lembut sehingga mudah dikunyah si kecil dan kebetulan anak saya pun suka. Menu ini juga bisa dijadikan menu fingerfood si kecil untuk melatih kemampuan motoriknya, tinggal sajikan dalam mangkok atau piring tanpa kuah.

Semoga bermanfaat ya :)

No comments