Mulai Merasa Jenuh #DirumahAja? Simak Tips Betah #DirumahAja Dibawah Ini, Yuk!


tips betah dirumah aja

Semenjak pandemi Covid-19 dan pemerintah menganjurkan untuk #DirumahAja, banyak kegiatan belajar, kantor dan usaha yang dialihkan #DirumahAja. Jangankan bagi mereka yang terbiasa bekerja dan beraktifitas diluar rumah, saya yang sehari – hari menghabiskan waktu #DirumahAja pun sering sekali mengalami kejenuhan. Rasa jenuh dan bosan wajar sekali menghampiri kita yang harus menghabiskan waktu #DirumahAja, yang paling penting adalah bagaimana kita mensiasati supaya betah dirumah agar pandemi ini segera berkahir. Berikut saya uraikan tips – tips agar betah dirumah selama pandemi Covid-19.
1.      Buat List Pekerjaan Harian
      Membuat list pekerjaan harian sangatlah penting sebagai rules bagi kita untuk melaksanakan kegiatan dirumah. Bagi sebagian orang yang terbiasa beraktifitas dirumah mungkin list pekerjaan harian tidaklah terlalu penting. Namun bagi mereka yang terbiasa bekerja dikantor lalu sekarang harus bekerja dirumah tentunya perlu penyesuaian agar pekerjaan tetap berjalan meski dari rumah. Sebagai seorang ibu rumah tangga saya sangat merasakan bagaimana repotnya berusaha seimbang mengerjakan pekerjaan rumah, menulis dan mengurus anak. That’s why list pekerjaan harian ini bisa jadi solusi terutama bagi ibu pekerja karena saat bekerja dirumah pasti akan lebih banyak terganggu oleh anak sekalipun anak dipegang oleh pengasuh. So, tentukan list harian sederhana saja misalnya menentukan jam bekerja dirumah, jam berapa fokus mengurus anak, jam berapa untuk beristirahat dan lain – lain disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing – masing. Jangan sampai pekerjaan kantor yang harus dikerjakan dirumah berantakkan karena tidak punya planning yang baik dan akhirnya merusak mood kita seharian. Meski pada kenyataannya kegiatan kita tidak selalu sesuai jadwal tapi setidaknya akan jauh lebih baik jika punya planning yang terarah.
2.      Dahulukan Membersihkan Rumah
      Saya selalu membiasakan membersihkan rumah dipagi hari bahkan sebelum anak bangun karena rumah yang rapi dan besrsih itu mebuat kita lebih nyaman dirumah. Ya, meskipun disiang hari rumah akan kembali berantakkan tapi setidaknya rumah sempat dibersihkan dulu sehingga kotoran dan debu tidak menumpuk terus setiap hari. Jika memang tidak sempat membersihkan seluruh bagian rumah, setidaknya bersihkan spot – spot tertentu yang akan dipakai untuk bekerja dirumah agar bekerja dirumah lebih nyaman dan menyenangkan.
3.      Isi Waktu Luang Dengan Mengerjakan Hobi
     Mengisi waktu luang dengan hobi bisa jadi salah satu alternatif hiburan didalam rumah dan banyak sekali jenis hobi yang bisa dikerjakan di dalam rumah seperti membaca, menulis, menonton film, bernyanyi, memasak, crafting dan lain – lain. Untuk kalian yang punya hobi outdoor seperti naik gunung, travelling dan wisata kuliner sebaiknya ditunda dulu ya sampai pandemi Covid-19 berakhir.
4.      Istirahat Yang Cukup
     Bekerja dirumah bukan berarti kita bisa bekerja  dan begadang tanpa mengenal waktu. Tubuh tetap perlu istirahat yang cukup meski bekerja di rumah. Beristirahat merupakan charging time untuk tubuh kita supaya lebih siap menjalani hari esok. Selain itu dengan istirahat yang cukup tubuh kita akan jauh lebih fit.
5.      Food Preparation
Food preparation sangatlah penting selama pandemi ini. Punya stok bahan – bahan dirumah selama pandemi ini meminimalisir kita untuk keluar rumah untuk berbelanja bahan makanan, sedikit sharing mengenai food preparation saya tulis disini. But, don’t panic buying ya! Berbelanjalah secukupnya tidak usah berlebihan, jika memang punya rezeki berlebih lebih baik bantu sesama karena semenjak pandemi ini banyak sekali yang kesulitan ekonomi.
6.      Koneksi Internet
Tak dapat dipungkiri di zaman yang serba digital ini kebutuhan akan koneksi internet sudah seperti bahan pokok. Dengan koneksi internet kita bisa merasa lebih leluasa “bergerak” meski #DirumahAja. So, cek kembali ya kebutuhan kebutuhan internetmu jangan sampai kehabisan selama #DirumahAja. Tapi, tetap bijak menggunakan koneksi internet karena diluar sana masih banyak orang yang sedang dalam masa sulit.

Nah, itulah tips – tips betah #DirumahAja versi saya, yang pasti setiap orang punya cara masing – masing untuk menciptakan kenyamanan #DirumahAja. Caramu betah #DirumahAja, bagaimana?


#BPNChallengeDay8

No comments for "Mulai Merasa Jenuh #DirumahAja? Simak Tips Betah #DirumahAja Dibawah Ini, Yuk!"

Berlangganan via Email