Kegiatan Positif Yang Harus Tetap Dijaga Meski Pandemi Covid-19 Telah Berakhir


Sudah beberapa pekan pandemi Covid-19 masih menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia. Pandemi Covid-19 tak hanya membuat “heboh” dunia kesehatan tapi juga berbagai sektor kehidupan masyarakat seperti sektor ekonomi, pendidikan dan lain –lain. Banyak pihak yang merasa rugi dengan adanya Covid-19, tapi siapa yang menginginkan keadaan seperti ini?  Saya yakin tidak ada yang menginginkan pandemi datang lagi dikemudian hari.
Namun, kita harus selalu mengambil hikmah dari setiap peristiwa termasuk dari pandemi Covid-19 ini. Jika pandemi Covid-19 ini telah berakhir, ada beberapa kegiatan positif yang harus tetap kita pertahankan yaitu sebagai berikut :

1.      Rajin mencuci tangan
   Ada atau tidak adanya pandemi Covid-19 ini mencuci tangan merupakan kewajiban bagi kita terutama setelah beraktifitas dan sebelum makan. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak menyentuh benda – benda dan tangan juga yang paling sering menyentuh mata, hidung, mulut tanpa kita sadari. So, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan karena tangan bisa jadi “jalan” untuk penyebaran virus dan bakteri lainnya. Selain itu, jangan lupa menjaga kebersihan kuku tangan, ya!
2.      Rajin berolahraga
     Wah.. kalau berbicara olahraga memang sangat sulit untuk saya. Iya, sangat sulit untuk konsisten berolahraga setiap hari. Padahal setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Next, semoga saya bisa konsisten berolahraga.
3.      Pola makan sehat
    Pola makan sehat sangat penting untuk tetap diterapkan dalam kehidupan sehari – hari meski pandemi Covid-19 telah berakhir karena pola makan yang sehat bisa memberikan asupan yang baik untuk tubuh sehingga tubuh akan kebih fit dan bugar. Jika tubuh kita fit dan bugar maka tubuh kita akan kuat melawan virus dan bakteri yang akan masuk ke tubuh kita. Banyak versi mengenai pola makan yang sehat dan baik untuk tubuh kita namun secara umum tubuh kita membutuhkan asupan karbohidrat, protein, sayur, buah dan vitamin – vitamin lain dalam jumlah yang harus tepat. Untuk mengetahui pola makan seperti apa yang seharusnya diterapkan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter karena pola makan ideal setiap orang bisa jadi berbeda – beda.
4.      Menjaga jarak
     Menjaga jarak yang saya maksud disini adalah menjaga jarak dengan orang lain ketika kita merasa sakit. Namun mengenai hal ini masih banyak orang yang kurang menyadari pentingnya menjaga jarak terutama ketika sedang sakit sehingga masih ada saja orang yang batuk atau bersin sembarangan.
5.      Menggunakan masker saat keluar rumah
    Menggunakan masker saat keluar rumah meski pandemi Covid-19 sudah berakhir tapi bisa menjaga kita dari debu dan kuman terutama jika kita bepergian menggunakan kendaraan bermotor.

Nah, itulah beberapa kegiatan yang harus tetap kita lakukan meski pandemi Covid-19 sudah berakhir. Tetap jaga jarak, jaga kebersihan dan #DirumahAja. Semoga pandemi ini segera berlalu.


#BPNChallengeDay7

No comments for "Kegiatan Positif Yang Harus Tetap Dijaga Meski Pandemi Covid-19 Telah Berakhir"

Berlangganan via Email