Hari Terakhir Anak Dirawat, Apa Diagnosa Dokter Terhadap Anak Saya?

penyebab mual dan muntah pada anak

Sebelumnya.....

Hari Senin, 30 Maret 2020 merupakan hari yang mendebarkan untuk saya karena hari ini aka nada visit dokter. Harapan saya saat ada visit dokter nanti, anak saya sudah dinyatakan sehat dan bisa pulang serta saya bisa mengetahui apa penyebab mual dan muntah pada anak saya karena saya sendiri merasa tidak pernah memberikan makanan yang baru saja dicoba oleh anak saya. Dalam arti sebelum anak saya muntah – muntah, saya memberikan makanan berat dan cemilan yang sehari – hari biasa saya sajikan. Namun jika ada kuman atau bakteri yang akhirnya membuat anak saya muntah – muntah, itu benar – benar diluar kendali saya. Sebagai seorang ibu saya berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk anak saya termasuk dari komposisi gizi dan kebersihan makanan. Tapi sekali lagi semaksimal apapun usaha saya selalu ada faktor “X” yang bisa saja tidak saya sadari, misal dari segi kebersihan anak saya sendiri. Meskipun sebagai seorang ibu saya sudah mengajarkan mengenai cara mencuci tangan yang baik apalagi ditengah pandemi corona ini, tapi saya tidak bisa mengontrol jika tiba – tiba anak saya misal ketika makan snack sambil jalan – jalan kemudian anak saya menyentuh benda yang kotor. Wallahualam.

Saat dokter datang saya langsung menjelaskan kondisi anak saya dan riwayat pengobatan yang telah diberikan karena sebelumnya anak saya diperiksakan di tempat prakteknya. Selain itu saya coba jelaskan bahwa anak saya sering mengeluh sakit tenggorokan tapi dokter hanya menjawab bahwa harus menginap satu malam lagi untuk kembali dipantau apakah demam lagi atau tidak. Tanpa fikir panjang saya langsung menolak keputusan dokter tersebut dengan alasan anak saya sudah sering rewel dan dokter pun membolehkan keinginan saya untuk bisa pulang hari ini namun sebelumnya harus menjalani tes darah dan jika hasilnya bagus maka anak saya dibolehkan pulang.

Hingga pukul 12 siang saya belum juga mendapatkan hasil tes darah anak saya kemudian saya coba tanya ke bagian IGD mengenai hasil tes darah anak saya dan setelah dicari ternyata hasil tes darahnya sudah keluar. Kemudian saya menyampaikan maksud saya ingin mengetahui hasil tes darah tersebut bagus atau tidak. Setelah hasil tes darahnya dibacakan oleh perawat yang ada di IGD bahwa hasilnya baik kemudian saya meyampaikan sekali lagi bahwa saya ingin anak saya pulang. Perawat IGD kemudian meminta waktu kepada saya untuk mengirimkan hasil tes darah via whatsapp ke dokter puskesmas yang memeriksa anak saya. Setelah beberapa lama kemudian perawat tadi memberi kabar bahwa hasil tes darah anak saya bagus dan menanyakan kembali apakah benar ingin pulang hari ini.

Bagai mendapat hadiah undiah, saya sangat senang mendengar kabar bahwa anak saya bisa pulang hari ini. Saya langsung membereskan barang – barang kedalam tas dan tidak lama perawat datang untuk membuka infusan anak saya sembari memberikan hasil tes darah anak saya. Bahkan hingga saya akan pulang saya belum mendapatkan jawaban penyebab mual dan muntah pada anak saya. Jika anak saya menginap semalam lagi apakah akan mendapatkan jawaban tersebut?

Selanjutnya....

No comments for "Hari Terakhir Anak Dirawat, Apa Diagnosa Dokter Terhadap Anak Saya?"

Berlangganan via Email