#DirumahAja, Cara Sederhana Bantu Sesama Selama Pandemi Covid-19



Anjuran pemerintah untuk #DirumahAJa selama masa pandemi ini bukan tanpa alasan, dengan #DirumahAja artinya mengurangi kontak fisik dengan orang lain yang mungkin saja sudah berinteraksi dengan orang yang terpapar Covid-19 tanpa disadari. Banyak orang memaknai #DirumahAja ini dengan cara pandang mereka masing – masing. Sebagai seseorang yang hidup di kampung dan kehidupannya tidak sepadat dikota, saya memaknai #DirumahAja ini dengan memfilter kegiatan apa saja yang bisa saya lakukan dan maksimalkan dirumah ya saya kerjakan #DirumahAja. So, simak tips – tips memaksimalkan kegiatan selama #DirumahAja ala saya ya.

1.   Meminimalisir pergi ke ATM dengan memaksimalkan penggunaan mobile banking dan internet banking. Penggunaan mobile banking dan internet banking bukanlah sesuatu yang asing lagi di zaman yang sudah semakin maju ini, tapi saya yakin masih ada beberapa orang yang enggan mengurus mobile banking dan internet banking. Tapi, saat pandemi ini sangat terasa manfaat mobile banking dan internet banking untuk tetap bisa bertransaksi #DirumahAja.
2.  Meminimalisir pergi ke supermarket dengan berbelanja online melalui marketplace, aplikasi belanja online langganan untuk membeli kebutuhan pokok bulanan adalah JD.ID. Selain JD.ID masih banyak aplikasi belanja online lain yang menawarkan berbagai kemudahan belanja online kebutuhan pokok meski #DirumahAja.
3.  Memaksimalkan mainan anak yang ada dirumah sehinga anak masih tetap merasa seru meski bermain #DirumahAja. Mainan anak itu tidak perlu branded dan mahal kok, kalau kalian merasa mampu membelikan mainan yang mahal silahkan. Tapi saat budget untuk mainan pas – pasan bahkan tidak ada, bisa memanfaatkan barang – barang yang ada dirumah untuk bermain dengan anak atau membuat mainan dari barang – barang bekas.
4.   Food preparation untuk mengurangi intensitas pergi ke pasar. Saya sudah terbiasa menerapkan food preparation untuk menekan budget belanja mingguan dan efektifitas waktu, namun semenjak pandemi ini saya semakin merasakan manfaat dari food preparation. Saya tetap punya stok bahan makanan dikulkas tanpa harus sering keluar rumah untuk berbelanja, cukup seminggu sekali saja untuk membeli stok bahan makanan secukupnya. Tentang food preparation pernah saya tulis disini.
5.   Memilih paket internet terbaik untuk memaksimalkan komunikasi dengan orang – orang tersayang. Semenjak pandemi ini saya yakin penggunaan internet meningkat karena begitu banyaknya kegiatan yang dialihkan melalui sistem online. So, memilih paket internet terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan budget masing – masing adalah cara tepat agar tetap nyaman #DirumahAja.
6.    Stok obat – obatan untuk jaga – jaga ketika ada anggota keluarga yang sakit, tentang obat – obatan yang ada dirumah pernah saya tulis disini. Namun bukan berarti dengan menyediakan obat – obatan dirumah maka kita jadi “dokter pribadi” dirumah tanpa punya latar belakang medis, big no! Jika sakit berlanjut dan menyebabkan kondisi darurat, segera pergi ke IGD ya!

Menghabiskan banyak waktu #DirumahAja sudah pasti sangat menjenuhkan tapi demi kebaikan bersama dan ketika kita memutuskan untuk #DirumahAja itu artinya kita ikut membantu sesama melawan pandemi terutama tim medis. So, tidak apa – apa kita jenuh sebentar yang penting pandemi ini segera berlalu.

Nah, tiap orang pasti punya cara masing – masing untuk membantu sesama selama pandemi ini. Namun saat kamu tidak bisa berbuat banyak untuk membantu sesama, #DirumahAja sudah lebih dari cukup kok! Yuk maksimalkan kegiatan #DirumahAja agar tetap menyenangkan.


#BPNChallengeDay3

No comments for "#DirumahAja, Cara Sederhana Bantu Sesama Selama Pandemi Covid-19"

Berlangganan via Email