BLK Assyafi'iyyah Ikut Serta Lawan Covid-19 Dengan Memproduksi Masker Kain



Menggunakan masker saat keluar rumah merupakan salah satu langkah preventif  dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Seiring dengan hal tersebut pedagang masker kain mulai menjamur di tiap sudut. Penjahit yang memproduksi masker kain pun semakin banyak, penjual yang banting setir berjualan masker pun tak kalah banyak. Harga yang ditawarkan untuk masker kain produksi rumahan sangatlah bervariasi mulai dari Rp.5000 – Rp.12.000 bahkan bisa lebih. Beberapa pedagang di marketplace ada yang menjual masker kain mulai dari Rp.3000 saja, tapi saat melihat reviewnya saya jadi kurang yakin untuk membelinya.
Kalau ada yang bilang mereka memanfaatkan situasi untuk mendapatkan rupiah dengan berlomba – lomba menbuat masker kain itu tidak apa – apa karena kita pun sebagai konsumen sangat butuh akan masker kain. Keberadaan penjual dan penjahit yang memproduksi masker kain secara tidak langsung ikut serta membantu melawan Covid-19. BLK Assyafi'iyyah Sukaraja Majalengka pun ternyata ikut andil dalam mencegah Covid-19 dengan memproduksi masker kain. BLK ini merupakan balai pelatihan dibawah naungan yayasan Assyafi'iyyah Sukaraja yang memberdayakan para alumni untuk mengikuti berbagai pelatihan salah satunya pelatihan tata busana yang sekarang sedang fokus memproduksi masker kain. Besar harapan pemilik yayasan agar para santrinya lebih siap terjun ke dunia kerja, lebih dari itu agar kelak bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.


Masker kain produksi BLK Assyafi'iyyah ini terbuat dari bahan katun dan untuk sementara hanya memproduksi satu warna yaitu coklat muda. Menurut saya pilihan warna coklat muda ini cukup tepat karena tergolong netral dan bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Ukuran maskernya pun cukup lebar, bisa menutupi area hidung hingga dagu dan yang paling saya sukai dari masker kain produksi BLK Assyafi'iyyah ini adalah maskernya yang tidak hanya satu lapis kain melainkan dua lapis kain dan di tengah lapisan bisa diselipkan tisu. Harga maskernya pun sangat terjangkau dan hanya melayani pembelian lusinan, minimal satu lusin. So, cocok banget untuk kamu yang mau stok masker kain atau ingin memberikan masker kain kepada sanak saudara maupun untuk disumbangkan.


Seperti pernah saya tulis disini bahwa efektivitas masker kain hanya mampu menyaring partikel berukuran 0,06 - 1 mikron sebesar 71% sementara untuk partikel besar sebesar 79%, tapi masih lebih baik daripada tidak menggunakan masker sama sekali. Dibawah ini ada beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan masker kain dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.
1.      Sering mencuci masker terutama setelah dipakai bepergian.
2.      Gunakan masker kain dua atau tiga lapis, jika hanya punya masker kain satu lapis bisa gunakan masker tersebut 2 rangkap.
3.      Pilih ukuran masker yang lebar sehingga bisa menutupi area hidung dan mulut.
4.      Jangan menyentuh bagian luar masker ketika digunakan.
5.      Ikatkan tali dengan benar agar tidak lepas ketika dipakai
6.      Atur posisi pemakaian masker agar tetap nyaman bernafas selama menggunakan masker.

Yuk gunakan masker saat keluar rumah!




Untuk mendaftar menjadi siswa atau santri di MA Assyafi'iyyah Sukaraja klik disini

#BPNChallengeDay6

No comments for "BLK Assyafi'iyyah Ikut Serta Lawan Covid-19 Dengan Memproduksi Masker Kain"

Berlangganan via Email