4 Cara Seru Menikmati Waktu #DirumahAja, Baca Yuk!


“ Bahagia itu kita yang ciptakan “

     Mungkin kalimat tersebut yang bisa memberikan semangat positif untuk kita semua saat harus #DirumahAja selama pandemi ini. Semenjak pandemi Covid-19 tak hanya kegiatan belajar, bekerja dan beribadah yang dilakukan dirumah tapi banyak juga tempat wisata yang ditutup selama pandemi ini. Maka wajar jika selama pandemi ini kita semua seperti kehilangan “hiburan”. Tapi, biarlah kita #DirumahAja dulu yang penting pandemi segera berlalu.
     Katanya, seorang ibu adalah jantungnya rumah. Hidup atau tidaknya isi rumah tergantung dari bagaimana seorang ibu “menghidupkannya”. Makna dari kalimat tersebut memang begitu dalam bagi saya. Sebagai ibu rumah tangga saya memang merasa punya banyak peran dalam menciptakan kehidupan yang lebih “hidup” meski #DirumahAja. Saya harus selalu menciptakan suasana yang menyenangkan dirumah agar anak dan suami saya lebih betah dirumah salah satunya dengan mencoba mengisi banyak waktu dirumah dengan berbagai kegiatan seru dan  menyenangkan yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Melakukan kegiatan seru dan menyenangkan bersama keluarga dirumah pun merupakan salah satu bentuk me time bagi saya, karena me time is our time. Yes, semakin lama saya menjalani peran sebagai seorang ibu maka semakin saya menyadari bahwa me time saya adalah bersama keluarga.
      Banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga dirumah, tentunya setiap keluarga punya tradisi yang berbeda – beda. Berikut beberapa kegiatan seru saya dan keluarga untuk menikmati waktu #DirumahAja.
1. Makan dan ngemil
Makan dan ngemil merupakan hobi seluruh anggota keluarga saya. Saya selalu berusaha menyajikan menu makanan dan cemilan sesuai request anggota keluarga saya agar mereka bisa tetap mendapatkan apa yang mereka mau dari dalam rumah. Saat makan dan ngemil merupakan kegiatan seru bagi kami karena kami bisa melakukan our time sambil menikmati makanan yang saya buat. Setiap memasak saya selalu merasa mengikuti perlombaan masak yang jurinya adalah anak dan suami saya. Mereka pasti akan selalu memberikan komentar terhadap masakan saya baik itu komentar positif maupun negatif, seru kan? Tapi selama ramadhan, makan dan ngemilnya habis adzan magrib ya? hehe.
2. Menonton
Keluarga kami bukanlah film lover yang selalu mengikuti perkembangan film setiap waktu. Tapi, menonton untuk menikmati waktu luang bersama keluarga, why not? Saya pribadi suka menonton genre film apapun selama alur ceritanya saya suka. Sementara suami saya suka dengan genre komedi karena menurutnya dengan menonton film komedi memberikan hiburan tersendiri. Sedangkan anak saya yang masih berusia 2 tahun belum terlalu ketergantungan akan sebuah tontonan, tapi menonton televisi terutama kartun menjadi teman kesehariannya sambil bermain dirumah. Nah, menonton juga tidak kalah seru kan?
3. Menulis
Menulis adalah hobi saya sejak dulu, meski tulisan saya belum bagus tapi saya harus tetap menulis untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik. Sayangnya, menulis itu memang butuh konsentrasi penuh apalagi bagi seorang amatir seperti saya. Saya butuh waktu dan suasana yang pas agar bisa menghasilkan tulisan yang agak enak dibaca. Tapi, untuk mendapatkan suasana yang menyenangkan memang cukup sulit mengingat saya adalah seorang ibu rumah tangga dengan satu anak balita tanpa ART, that’s mean harus mengerjakan semuanya sendiri. Ah tapi setidaknya saya berusaha menulis satu tulisan perhari, lebih baik lagi jika bisa lebih dari satu. Sisi positif dengan adanya pandemi dan WFH ini maka saya bisa punya waktu lebih banyak untuk menulis karena anak saya sesekali bisa dipegang oleh suami. Akhirnya saya bisa lebih menikmati waktu dirumah dengan menulis, thank you suami!
4. Bermain Bersama Anak
Bermain bersama anak dengan formasi yang komplit jarang sekali kami dapatkan, namun semenjak pandemi dan WFH ini kami jadi punya waktu lebih banyak untuk bermain bersama anak dan menciptakan suasana bermain yang lebih seru. Kebetulan suami saya pun tipe orangtua yang suka sekali membelikan mainan untuk anak. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang rata – rata “perhitungan”, kadang saya kesal karena selalu saja membelikan mainan terutama jika anak saya meminta langsung. Tapi di sisi lain saya jadi punya media untuk pembelajaran anak saya melalui mainan sehingga kegiatan bermain tak hanya seru tapi juga edukatif.

     Itulah beberapa kegiatan seru yang biasa kami lakukan dirumah. Intinya tidak ada kegiatan yang aneh, benar – benar kegiatan yang sering kami lakukan sehari – hari jauh sebelum pandemi. Seperti pada kalimat diatas bahwa “bahagia kita yang ciptakan”, maka kegiatan yang biasa dilakukan pun akan menjadi kegiatan seru dirumah selama pandemi asal kita bisa “menghidupkan” kegiatan tersebut. Gadget memang sangat penting terutama selama WFH ini, tapi luangkan beberapa saat saja yuk untuk menikmati waktu bersama keluarga.

#BPNChallengeDay9

No comments for "4 Cara Seru Menikmati Waktu #DirumahAja, Baca Yuk!"

Berlangganan via Email