Resep Sambal Cumi Enak dan Praktis, Favorit Suamiku Nihhh...

resep sambal cumi

      Siapa yang suaminya suka sambal? Suami saya sangat suka sekali sambal, katanya sambal itu bisa bikin lahap makan. Karena suami saya sangat suka dengan menu sambal, saya pun selalu berusaha menyajikan berbagai macam menu sambal mulai dari sambal tomat, sambal balado, sambal cabe ijo, sambal cengek ijo, sambal matah bali, sambal korek, sambal terasi dan berbagai jenis menu sambal lainnya.
      Akhir - akhir sering saya melihat orang berjualan online macam - macam sambal mulai dari sambal udang, sambal cumi, sambal jengkol, sambal teri, sambal tongkol dan lain - lain. Sebagai ibu - ibu yang menganut prinisip "hemat", saya selalu membuat sendiri makanan - makanan yang sedang booming supaya kami tetap bisa mengikuti perkembangan dunia kuliner tapi tetap hemat. Hahaha Kali ini saya akan share salah satu resep sambal yaitu resep sambal cumi, sebenarnya ini bukan kali pertama saya membuat sambel cumi. Bahan - bahannya sangat murah dan mudah didapat tentunya, tidak perlu jauh - jauh ke supermarket karena di pasar tradisional pun tersedia.

resep sambal cumi

Bahan - bahan :  
  1. Baby cumi asin
  2. Cabe merah keriting
  3. Cabe rawit
  4. Cabe hijau
  5. Bawang merah dan putih
  6. Daun jeruk
  7. Daun salam
  8. Sereh
  9. Kencur
  10. Lengkuas

Cara membuat :
  1. Cuci bersih baby cumi, rebus sebentar di air mendidih kemudian tiriskan.
  2. Goreng sebentar, boleh dipotong - potong dulu atau tidak tergantung selera.  Hati - hati ketika menggoreng karena biasanya meletup - letup, bisa ditutup dengan tutup panci atau selembar koran.
  3. Ulek semua bahan : bawang merah dan putih, cabe rawit, cabe keriting dan kencur.
  4. Tumis bumbu halus sampai wangi dan beri air, biarkan hingga harum dan mendidih.
  5. Masukkan daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas yang digeprek.
  6. Setelah mendidih kemudian masukkan baby cumi yang sudah digoreng tadi, sambil diberi garam, gula dan penyedap sesuai selera.
  7. Aduk - aduk hingga bumbu menyusut dan kental. Masukkan cabe hijau yang sudah diiris tipis.

       Sambal cumi asin sudah siap disajikan dengan nasi hangat. Seriously, cuma satu menu ini saja sudah bisa membangkitkan nafsu makan. Dari 1 ons baby cumi dan beberapa bumbu yang totalnya kurang lebih 20 ribuan ini jadi satu piring sambal cumi. Maka wajar jika para pedagang online biasa menjual sambal cumi ini dengan harga diatas 10 ribu untuk satu cup. Selamat mencoba ya :)

No comments for "Resep Sambal Cumi Enak dan Praktis, Favorit Suamiku Nihhh..."

Berlangganan via Email